sunbanner

Berjarak 20,8 Km dari Surabaya! Kampung Miliarder di Gresik Jawa Timur Ini Pernah Miskin, Kini Warganya Digaji Rp 7 Juta per Bulan, Ibu Kota Kalah? 

Berjarak 20,8 Km dari Surabaya! Kampung Miliarder di Gresik Jawa Timur Ini Pernah Miskin, Kini Warganya Digaji Rp 7 Juta per Bulan, Ibu Kota Kalah? 

Bukan Sekadar Angan, Ini Realita? 2 Provinsi Baru Akan Muncul di Kalimantan Tengah, Apa yang Menjadi Pemicu Keputusan Bersejarah Ini?-dikaseva/unplash-

Mereka melakukan penghijauan dan berbenah, mengubah desa Sekapuk menjadi tempat yang indah. Keberhasilan ini menarik perhatian wisatawan mancanegara dan memicu pertumbuhan ekonomi desa.

Pada September 2020, Sekapuk bukan lagi desa tertinggal. Desa ini meraih gelar Desa Mandiri dengan persentase IDM mencapai 0,88 persen dan mampu menghasilkan omzet mencapai miliaran rupiah setiap tahunnya.



Dengan pendapatan lebih dari Rp2 miliar sebagai Pendapatan Asli Desa (PADes), Sekapuk dinobatkan sebagai kampung miliarder.

Keberhasilan desa ini tidak hanya terbatas pada aspek ekonomi. Mereka juga peduli terhadap pendidikan, memberikan beasiswa untuk anak-anak kurang mampu dan yatim piatu.

Baca juga: Kantor Gubernur NTT Ini Telan Dana Rp 178 Milliar, Miliki Bentuk yang Unik Pernah Alami Keretakan Bangunan?





×

Baca juga: Bagaimana Cara Mencegah Kaca Mobil Berembun Saat Hujan? Intip 3 Langkang Mudah Agar Kaca Tetap Kinclong Bak Opa-Opa Korea

Program beasiswa kuliah untuk anak tahfidz serta program bedah rumah sesuai klasifikasi juga dilaksanakan dengan sukses.

Dalam tiga tahun, desa ini berhasil membuka 899 lapangan kerja, meningkatkan penghasilan warganya dari Rp400 ribu menjadi Rp7 juta per bulan.

Kesuksesan Sekapuk menjadi kampung miliarder merupakan contoh nyata bagaimana kepemimpinan yang visioner dan partisipasi aktif masyarakat dapat mengubah nasib sebuah desa.

***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr