sunbanner

Bersiap 2 Calon Provinsi Baru Bakal Nyatakan Pemekaran dari Kalimantan Barat, yang Bertempat Tinggal Auto Jadi Pindah KTP, Benar Hanya Isu atau Fakta?

Bersiap 2 Calon Provinsi Baru Bakal Nyatakan Pemekaran dari Kalimantan Barat, yang Bertempat Tinggal Auto Jadi Pindah KTP, Benar Hanya Isu atau Fakta?

daerah-mohamad-sarim.unplash-

Ibu Kota Provinsi Kapuas Raya rencananya akan berlokasi di Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang. Dengan demikian, Kalimantan Barat akan menyaksikan keberanian dan semangat baru dari Provinsi ini.

2. Provinsi Tanjungpura



Provinsi Tanjungpura menjadi magnet perhatian sebagai calon Provinsi baru dari Kalimantan Barat. Dalam wacana ini, wilayah Provinsi Tanjungpura meliputi Kabupaten Kayong Utara dan Ketapang.

Baca juga: Desa di Karanganyar Ini Mendadak Jadi Miliarder Padahal Dulunya Kampung Mati dan Rawan Longor, Warga Gunung Lawu Bahagia Banget! 

Baca juga: Terinspirasi dari Nama Seorang pendeta, Bandara Baru di Papua Barat Ini Bukan ada di Fakfak dan Akan Rampung di Tahun 2024





×

Baca juga: GOR Megah di Kupang Ini Habiskan Dana Rp 13,3 Milliar, Kini Mangkrak dan Mulai Dilirik Badan Pengawas?

Meski demikian, dua kabupaten ini tidak mencukupi untuk memenuhi syarat menjadi Provinsi baru, yang mengharuskan minimal memiliki lima kabupaten atau kota.

Untuk mengatasi hal ini, diputuskan untuk memecah Kabupaten Ketapang menjadi Kabupaten Tumbang Titi, Hulu Aik, dan Jelai Kendawangan Raya.

Dengan langkah ini, Provinsi Tanjungpura akan melibatkan total lima kabupaten, menambah gebrakan baru di peta administratif Kalimantan Barat.

***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr