sunbanner

Apa Penyebab Oli Mobil Diesel Pendek? Inilah 3 Hal yang Patut Dicurigai Agar Performa Mobil Tidak Gampang Kendor

Apa Penyebab Oli Mobil Diesel Pendek? Inilah 3 Hal yang Patut Dicurigai Agar Performa Mobil Tidak Gampang Kendor

mesin mobil-NoName_13/pixabay-

"Dinding silinder ini dilapisi oleh oli mesin yang digerakkan oleh piston.

Saat piston bergerak, lapisan oli mesin yang bercampur dengan partikel karbon sulfur akan ikut turun dan mengontaminasi oli mesin di dalamnya, sehingga menjadi cepat kotor," papar Tri.



Tak hanya itu, Tri juga menyoroti kadar asam yang tinggi pada bahan bakar diesel.

Kadar asam ini berasal dari campuran nabati biodiesel bersamaan dengan partikel sulfur, yang menghasilkan gas asam saat terbakar.

Hal ini membuat oli mesin diesel memiliki kandungan Total Base Number (TBN) untuk menekan kadar asam di ruang bakar dan mencegah korosi selama proses pembakaran.





×

Menanggapi hal tersebut, Stanley Tjhie, Business Opportunity Development STP PT Laris Chandra, juga memberikan perspektifnya.

Menurutnya, oli mesin diesel lebih cepat kotor akibat penggunaan bahan bakar kualitas rendah yang tinggi kadar sulfur.

"Sulfurnya tinggi, hasil pembakarannya membuat ruang bakar cepat kotor dan ikut larut mengontaminasi oli mesin di dalamnya," terang Stanley.

Konsekuensinya, kontaminasi oli dengan partikel karbon dapat lebih cepat merusak aditif dan molekul yang memiliki fungsi pelumasan.

Selain itu, Stanley menegaskan bahwa TBN oli mesin diesel juga dapat lebih cepat turun akibat penggunaan bahan bakar kualitas rendah.

Baca juga: Tanah Subur di Lima Daerah di Kabupaten Demak Jadi Wilayah Penghasil Pisang Terbesar, Urutan Nomer Satu Paling Banyak Hasilnya, Cek Lokasinya!

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr