sunbanner

Tangerang Raya Merdeka? Apakah Benar-benar Akan Mandiri dari Banten? Telusuri Klarifikasi dan Kejelasan Isu Pemekaran Provinsi Banten

Tangerang Raya Merdeka? Apakah Benar-benar Akan Mandiri dari Banten? Telusuri Klarifikasi dan Kejelasan Isu Pemekaran Provinsi Banten

daerah-pasja1000/pixabay-

Tangerang Raya Merdeka? Apakah Benar-benar Akan Mandiri dari Banten? Telusuri Klarifikasi dan Kejelasan Isu Pemekaran Provinsi Banten.

Pembahasan mengenai pembentukan provinsi baru terus berkembang, dan kini sebuah daerah telah memutuskan untuk merdeka dari provinsi Banten.



Tidak lain dan tidak bukan, daerah tersebut adalah Tangerang, yang sebelumnya merupakan bagian dari Jawa Barat pada tahun 2000.

Kisah perpisahan ini menjadi menarik karena Tangerang memiliki lokasi strategis, berjarak hanya 48 km dari Ibukota Jakarta, dan berperan sebagai penyangga DKI Jakarta.

Baca juga: Bikin Bangga! Tambang Emas dan Tembaga di Nusa Tenggara Barat Ini Sumbang 85 Persen Kekayaan Kabupaten, Warganya Punya Rumah Gedongan Nih





×

Baca juga: Keajaiban Maluku Selatan, Menyingkap Keunikan 3 Daerah Terpencil, Inilah Keistimewaan yang Harus Anda Tahu, Penduduknya Cuma 78.000 Orang!

Baca juga: JAWA TIMUR TERBAKAR! Jadi Wilayah Nomor 1 dengan Angka Kecelakaan Tertinggi di Indonesia di Tahun 2023 dengan Total 29.372 Kasus

Sebagai pusat kegiatan ekonomi dan perkotaan, Tangerang menjadi salah satu kota yang sangat vital.

Pembahasan mengenai pemekaran wilayah masih menjadi topik hangat, terutama di Pulau Jawa. Sebuah daerah di Banten berencana untuk berpisah dan bergabung dengan Jakarta, mengundang perhatian dalam wacana pembentukan provinsi baru.

Banten sendiri terdiri dari 4 kabupaten dan 4 kota, dengan Kota Serang sebagai ibukota. Jumlah penduduknya mencapai 12.251.985 jiwa, menurut data BPS.

Selain itu, muncul pula wacana tentang pemekaran provinsi Banten, yang dikenal sebagai Tanggerang Raya.

Kabar tentang Tanggerang Raya mengemuka, menimbulkan spekulasi bahwa tiga kepala daerah akan memisahkan diri dari Banten.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr