sunbanner

Simak Syarat Dokumen Klaim Saldo JHT BPJS Saat Masih Bekerja, Jangan Lupa! Bawa Kartu Identitas

Simak Syarat Dokumen Klaim Saldo JHT BPJS Saat Masih Bekerja, Jangan Lupa! Bawa Kartu Identitas

healtcare-sincerely/unplash-

Saldo JHT BPJS Bisa Dicairkan Saat Masih Bekerja?

Salah satu pertanyaan umum yang sering diajukan adalah apakah saldo JHT BPJS bisa dicairkan ketika seseorang masih aktif bekerja.

Menurut Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2015, peserta BPJS Ketenagakerjaan dapat mencairkan sebagian dari saldo tabungan JHT mereka meskipun mereka masih bekerja. Akan tetapi, ada syarat yang harus dipenuhi.



Salah satu syarat utama adalah peserta harus sudah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan selama minimal 10 tahun.

Ini berarti, jika Anda telah menjadi peserta selama 10 tahun atau lebih, Anda memiliki hak untuk mencairkan sebagian dari saldo JHT Anda. Jumlah yang bisa dicairkan tergantung pada peruntukan yang Anda pilih.

Saldo JHT yang dapat dicairkan adalah sebagian, dengan batasan maksimal sebesar 10 dan 30 persen dari total saldo JHT Anda.





×

Klaim 10 persen biasanya digunakan sebagai persiapan memasuki masa pensiun. Sementara klaim saldo JHT 30 persen digunakan untuk kepemilikan rumah atau perumahan.

Baca juga: Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Lakukan Uji Coba Tahap 2 di Tanggal 25-30 September 2023, Berikut Cara Daftarnya!

Baca juga: Bertambah Lagi! Provinsi Riau Mengusulkan Pemekaran Wilayah Menjadi 3 Kabupaten dan 2 Kota Baru: Rokan Darusasalam Termasuk?

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr