sunbanner

Simak Sejarah Singkat Pemekaran di Indonesia, 8 Provinsi Ini Awal Pertama Pembentukan Wilayah, Gak Nyangka! Papua Sudah Berkembang 2 Provinsi? 

Simak Sejarah Singkat Pemekaran di Indonesia, 8 Provinsi Ini Awal Pertama Pembentukan Wilayah, Gak Nyangka! Papua Sudah Berkembang 2 Provinsi? 

daerah-chris-de/unplash-

Provinsi Kalimantan Utara

Provinsi ini awalnya adalah Kabupaten Bulungan di Provinsi Kalimantan Timur. Pada tahun 1997, Kota Tarakan dinaikkan statusnya menjadi Kota Otonom. Kemudian, Kabupaten Malinau dan Kabupaten Nunukan dimekarkan dari Kabupaten Bulungan pada tahun 1999.



Di tahun 2007, Kabupaten Tanah Tidung dimekarkan dari Kabupaten Bulungan. Kelima kabupaten dan kota tersebut akhirnya membentuk Provinsi Kalimantan Utara berdasarkan UU Nomor 20 tahun 2012.

Provinsi Papua Selatan

Provinsi ini awalnya adalah Kabupaten Merauke di Provinsi Irian Jaya. Pada tahun 2002, Kabupaten Boven Digoel, Kabupaten Mappi, dan Kabupaten Asmat dimekarkan dari Kabupaten Merauke. Keempat Kabupaten tersebut membentuk Provinsi Papua Selatan berdasarkan UU Nomor 14 Tahun 2022.





×

Baca juga: 5 Daerah Penghasil Bunga Anggrek Terbanyak di Kabupaten Malang, Lawang dan Poncokusumo Kalah Telak dengan Juara 1 yang Bisa Hasilkan Lahan Seluas 17.300 m²

Provinsi Papua Pegunungan

Provinsi ini dulunya adalah Kabupaten Jayawijaya di Provinsi Irian Jaya. Pada tahun 2002, Kabupaten Pegunungan Bintang, Kabupaten Yahukimo, dan Kabupaten Tolikara dimekarkan dari Kabupaten Jayawijaya. Kemudian, pada tahun 2008, Kabupaten Mamberamo Tengah, Kabupaten Yerimmu, Kabupaten Lani Jaya, dan Kabupaten Duga dimekarkan dari Kabupaten Jayawijaya. Kesembilan kabupaten tersebut membentuk Provinsi Papua Pegunungan berdasarkan UU Nomor 16 Tahun 2022.

Baca juga: Nabung Mulai Sekarang! Harga Honda ADV 125 Terbaru Hanya 17 Jutaan, Fiturnya Bikin Geleng-Geleng, Siap Ngaspal di Indonesia Kapan Nih?

Perkembangan ini mencerminkan komitmen pemerintah dalam meningkatkan pelayanan dan pengembangan daerah secara lebih efektif, sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan masyarakat lokal.

Pemekaran daerah juga menjadi langkah untuk mendekatkan pemerintahan dengan masyarakat di tingkat lokal, mempercepat pembangunan, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr