sunbanner

Kini Berkembang Jadi 38 Provinsi, Mau Tahu Indonesia Dulu Cuma Dihuni 8 Daerah Loh! Pulau Jawa Masuk Wilayah Mana?

Kini Berkembang Jadi 38 Provinsi, Mau Tahu Indonesia Dulu Cuma Dihuni 8 Daerah Loh! Pulau Jawa Masuk Wilayah Mana?

daerah-goh-rhy/unplash-

Proses pemekaran ini merupakan langkah strategis untuk lebih mendekatkan pemerintahan dengan masyarakat di tingkat lokal.

Provinsi Maluku Utara



Provinsi ini awalnya adalah Kabupaten Maluku Utara di Provinsi Maluku.

Pada tahun 1990, Kabupaten Halmahera Tengah dimekarkan dari Kabupaten Maluku Utara, diikuti dengan kenaikan status administratif Kota Ternate menjadi Kota Otonom pada tahun 1999.

Akhirnya, ketiga kabupaten dan kota tersebut membentuk Provinsi Maluku Utara berdasarkan UU Nomor 46 tahun 1999. Kemudian, terjadi pemekaran lebih lanjut, seperti Kabupaten Halmahera Utara, Kabupaten Halmahera Selatan, dan Kabupaten Kepulauan Sula dari Kabupaten Maluku Utara.





×

Provinsi Kepulauan Riau

Provinsi ini dulunya adalah Kabupaten Kepulauan Riau di Provinsi Riau. Pada tahun 1999, Kabupaten Karimun, Kabupaten Natuna, dan Kota Batam dimekarkan dari Kabupaten Kepulauan Riau.

Pada tahun 2001, Kota Tanjungpinang dinaikkan statusnya menjadi Kota Otonom. Kelima kabupaten dan kota tersebut akhirnya membentuk Provinsi Kepulauan Riau berdasarkan UU Nomor 25 tahun 2002.

Baca juga: Nabung Mulai Sekarang! Harga Honda ADV 125 Terbaru Hanya 17 Jutaan, Fiturnya Bikin Geleng-Geleng, Siap Ngaspal di Indonesia Kapan Nih?

Baca juga: Bikin Bangga! Tambang Emas dan Tembaga di Nusa Tenggara Barat Ini Sumbang 85 Persen Kekayaan Kabupaten, Warganya Punya Rumah Gedongan Nih

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr