sunbanner

Kabupaten Adikarto Wilayah Mana? Pulau Jawa Dulu Miliki Wilayah Baru Hasil Pemekaran, Kini Berubah Nama Jadi Ini 

Kabupaten Adikarto Wilayah Mana? Pulau Jawa Dulu Miliki Wilayah Baru Hasil Pemekaran, Kini Berubah Nama Jadi Ini 

daerah-sami-abdullah/pexels-

Menurut informasi dari laman resmi Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, sebelum pembentukan Kabupaten Kulon Progo, wilayah ini merupakan bagian dari Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat.

Kabupaten Adikarto, yang juga wilayah Pakualaman, adalah dua kabupaten terpisah yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 15 tahun 1950.



Pada saat itu, Kabupaten Kulon Progo terdiri dari 8 Kapanéwon dengan ibukota Sentolo, sementara Kabupaten Adikarto terdiri dari 4 Kapanéwon dengan ibukota Wates.

Namun, pada tahun 1951, Sri Sultan Hamengkubuwono 9 dan Sri Paku Alam sepakat untuk menggabungkan kedua kabupaten menjadi satu, membentuk Kabupaten Kulon Progo dengan ibukota di Wates.

Keputusan penggabungan ini diambil atas pertimbangan bahwa kedua kabupaten tersebut terlalu kecil untuk menjalankan otonomi secara efektif dan efisien.





×

Baca juga: Semarang Makin Keras Bos! 5 Daerah ini Diisukan jadi Teramai Bergas Bukan Juaranya Kalah dengan Wilayah dengan Jumlah Penduduk 81.727 Jiwa

Baca juga: Pertama Kali Dalam Sejarah RI! Inilah Sejarah Ponorogo Kutho Tengah yang Menghabungkan 4 Kabupaten Menjadi Satu dengan Kabupaten Pedanten

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr