sunbanner

Daerah Ini Termasuk Wilayah Baru Hasil Pemekaran Kalimantan! Bakal Terwujud 2024 Mendatang? Begini Isu Pemekaran Kalimantan Tenggara

Daerah Ini Termasuk Wilayah Baru Hasil Pemekaran Kalimantan! Bakal Terwujud 2024 Mendatang? Begini Isu Pemekaran Kalimantan Tenggara

daerah-thomas-p/pexels-

Pemekaran ini diharapkan dapat mendistribusikan pembangunan secara merata dan menerapkan kebijakan pemerintahan yang merata di wilayah tersebut.

Lima daerah siap bergabung untuk membentuk provinsi baru, terdiri dari tiga daerah dari Kaltim, yaitu Kabupaten Kutai Barat, Kabupaten Paser, dan Kabupaten Penajam Paser Utara, serta dua daerah dari Kalsel, yaitu Kabupaten Kota Baru dan Tanah Bumbu.



Ibu kota provinsi baru tersebut rencananya akan berada di Kota Baru atau mungkin di wilayah Paser.

Menurut bappeda.kotabarukab.go.id, provinsi hasil pemekaran Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan ini akan diberi nama Provinsi Kalimantan Tenggara (Kaltra).

Baca juga: Ssst... Viar NX Terbaru! Mesin 1000W Bikin Gebrakan, Motor Listrik yang Bukan Hanya Irit, tapi Juga Keren!





×

Baca juga: 5 Daerah Penghasil Bunga Anggrek Terbanyak di Kabupaten Malang, Lawang dan Poncokusumo Kalah Telak dengan Juara 1 yang Bisa Hasilkan Lahan Seluas 17.300 m²

Penting untuk dicatat bahwa aspirasi pembentukan provinsi Kalimantan Tenggara didasarkan pada keinginan masyarakat, bukan semata-mata keputusan elit politik.

Proses pemekaran ini masih dalam tahap rumor dan belum ada informasi konkret mengenai selesainya pembentukan provinsi baru ini. Dalam konteks ini, proses tersebut memerlukan waktu dan persetujuan dari pemerintah pusat.

Berikut adalah informasi singkat tentang lima daerah yang bersedia bergabung dalam pemekaran wilayah ini, mencakup luas wilayah dan jumlah penduduk:

Kabupaten Kutai Barat

Luas wilayah: 20.385 km2
Jumlah penduduk: 136.161 jiwa
Kabupaten Paser

Luas wilayah: 7.730 km2
Jumlah penduduk: 275.452 jiwa
Kabupaten Penajam Paser Utara

Luas wilayah: 3.333 km2
Jumlah penduduk: 178.681 jiwa
Kabupaten Kota Baru

Luas wilayah: 9.480 km2
Jumlah penduduk: 329.483 jiwa
Kabupaten Tanah Bumbu

Luas wilayah: 4.890 km2
Jumlah penduduk: 322.646 jiwa

Meskipun saat ini pembentukan Provinsi Kalimantan Tenggara masih sebatas wacana, isu ini memberikan gambaran potensialnya dan dampaknya terhadap perkembangan wilayah tersebut.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr