sunbanner

Wacana Pemekaran Provinsi Baru di Jawa Timur Mempertimbangkan Penetapan Kabupaten Unggulan, dengan Banyuwangi dan Jember sebagai Sasaran Utama?

Wacana Pemekaran Provinsi Baru di Jawa Timur Mempertimbangkan Penetapan Kabupaten Unggulan, dengan Banyuwangi dan Jember sebagai Sasaran Utama?

Serang dihebohkan! Kampung Elit Konglomerat di Banten Terkuak, Bangun Rumah Mewah dan Bertingkat-tingkat! Menyingkap Fakta atau Mitos Rumah Sultan-UNPLASH-

Wacana Pemekaran Provinsi Baru di Jawa Timur Mempertimbangkan Penetapan Kabupaten Unggulan, dengan Banyuwangi dan Jember sebagai Sasaran Utama?

Jumlah penduduk Jawa Timur mencapai 41.416.407 jiwa menurut data BPS, menjadikannya salah satu provinsi terbesar di Indonesia.



Namun, muncul wacana yang mengindikasikan kemungkinan pemekaran provinsi ini menjadi tiga wilayah terpisah. Isu ini masih dalam tahap pembahasan oleh Ketua DPD RI.

Salah satu aspek yang turut diperbincangkan adalah rencana meleburnya kota besar seperti Surabaya, yang kemudian akan memecah dan terbentuk sebagai beberapa daerah terpisah.

Baca juga: Banjarmasin Akan Segera Mengalami Perubahan, Setelah Dibangunnya Bandara Senilai Rp412 Miliar di Wilayah Pedalaman Kalimantan Tengah, Sebagai Dukungan untuk Pengembangan 2 Destinasi Wisata dan Pelesta





×

Baca juga: Medan Punya Saingan Berat, Wacana Pemekaran--Kota Kecil Seluas 72.981,23 km2 Ini Bakal Keluar dari Sumatera Utara Demi Masuk ke Provinsi Baru!

Baca juga: Wacana Pemerakan, Kota dan Kabupaten ini Bakal Jadi Ibu Kota Banten Gantikan Serang, Ada Sejumlah Daerah yang Bakal Diusir dan Dimasukkan Daerah Otonom Baru?

Baca juga: GAK NYANGKA! Jalan Tol Terbesar di Jawa Timur Ini Terpaksa Gagal Proyek Meski Sudah Disiapkan Dana Ratusan Milliar, Ternyata Ini Penyebab Utamanya

Baca juga: Demi Kemajuan, Kebumen Pilih Mundur dari Jawa Tengah Usai Adanya Wacana Pemekaran Wilayah Jateng! 8 Daerah Ini Juga Sepakat Bentuk Provinsi Baru

 

Meskipun usulan pemekaran ini belum memiliki sumber yang jelas, sejumlah nama daerah yang potensial untuk pemekaran telah disebutkan.

Menurut Jerpim Marbun, wacana ini tengah mengemuka meskipun belum memiliki dasar yang pasti.

Namun, sejumlah daerah yang diyakini akan mengalami pemekaran di Jawa Timur dan provinsi lainnya sudah mendapat perhatian.

Penyebutan nama-nama daerah ini menjadi sorotan utama dalam pembahasan mengenai potensi pemekaran di Jawa Timur.

Dari 29 kabupaten dan kota yang saat ini ada di Jawa Timur, 9 di antaranya diyakini akan memisahkan diri dan membentuk provinsi baru, sehingga akan menyisakan 25 daerah di dalam Jawa Timur.

Wacana ini semakin memperlihatkan besarnya dorongan untuk pemekaran dan pembentukan provinsi baru yang akan dihuni oleh sejumlah daerah yang memiliki potensi dan keunikan masing-masing.

Baca juga: Kabupaten dengan Upah Minimum Kota Terendah di Jawa Tengah, Yuk Menelusuri Realitas Ekonomi dari 4 Daerah Ada Sragen Hingga Banjarnegara

Baca juga: Wacana UMK Naik 15 Persen Sampai ke Sulawesi Tenggara, Maka Wilayah Ini Bakal Jadi Juaranya UMP Terbesar hingga Rp Rp3.573.313,79

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr