sunbanner

Pemekaran Malang Raya Bakal Warnai Peta Baru Indonesia! Wacana Pembagian Wilayah Jadi 2 Provinsi Baru?

Pemekaran Malang Raya Bakal Warnai Peta Baru Indonesia! Wacana Pembagian Wilayah Jadi 2 Provinsi Baru?

Kemana-mana Jauh! Kecamatan Gringsing dan Bawang Berebut Jadi Juara Daerah Terjauh di Kabupaten Batang-PEXEL-

Pemekaran Malang Raya Bakal Warnai Peta Baru Indoensia! Wacana Pembagian Wilayah Jadi 2 Provinsi Baru?

Rencana pemekaran Kabupaten Malang di wilayah Provinsi Jawa Timur guna membentuk Provinsi Malang Raya sedang diupayakan secara sungguh-sungguh oleh Pemerintah Kabupaten Malang.



Langkah inisiatif yang diambil melibatkan pembagian Kabupaten Malang menjadi dua entitas terpisah, yang akan dikenal sebagai Kabupaten Singosari dan Kabupaten Kepanjen.

Pemerintah Kabupaten Malang, yang berada di bawah naungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, sedang melaksanakan langkah-langkah strategis dengan merumuskan rencana pemekaran sebagai tahap pendahuluan dalam persiapan pembentukan Provinsi Malang Raya yang memiliki kemandirian yang lebih tinggi.

Baca juga: PT MMKSI Ganti Jajaran Direksi





×

Baca juga: Kunjungi Pertamina, Kepala BPH Migas Apresiasi Keamanan Pasokan Energi

Baca juga: Wacana Tanah Bumbu Ajak Kecamatan Simpang Empat Keluar dari Wilayah Kalimantan Selatan dengan Adanya Potensi Investasi Smelter Nikel yang Menarik Perhatian Australia

Meskipun kebijakan moratorium Daerah Otonomi Baru (DOB) masih berlaku dan belum dicabut oleh Pemerintah Pusat, namun wacana ini dianggap sangat realistis.

Hal ini didasarkan pada pertimbangan yang matang, terutama mengingat luas wilayah Kabupaten Malang yang mencapai 3.530 kilometer persegi dan jumlah penduduknya yang signifikan, mencapai 2.703.175 jiwa menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Timur pada tahun 2023.

Cek usulan pemekarannya ada pada halaman berikutnya,

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr