sunbanner

Tapanuli Utara Bakal Punya 5 Daerah Baru, Warganya Langsung Deg-degan! Sumut Siap-siap Pemekaran

Tapanuli Utara Bakal Punya 5 Daerah Baru, Warganya Langsung Deg-degan! Sumut Siap-siap Pemekaran

Jember Terbelah: Apa yang Mendorong Kecamatan-Kecamatan Ini untuk Menjadi Wilayah Mandiri?-PEXEL-

Acara tersebut juga dihadiri oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Marihot Simanjuntak, Asisten Administrasi dan Umum, Binhot Aritonang, serta beberapa Pimpinan Perangkat Daerah.

Tak hanya itu, turut hadir pula dalam kesempatan tersebut akademisi, kepala desa asal Tarutung, perwakilan masyarakat Kabupaten Danau Toba, dan anggota karang taruna.



Wakil Bupati Tapanuli Utara menyampaikan sejarah singkat tentang Kabupaten Tapanuli Utara, yang telah mengalami tiga kali pemekaran.

Pentingnya usulan pembentukan Provinsi Tapanuli ini terletak pada keadaan bahwa wilayah ini sebelumnya merupakan satu kesatuan dengan ikatan adat istiadat yang kuat, terutama di kawasan danau Toba.

Fatimah Hutabarat, wakil ketua DPRD Tapanuli Utara, menambahkan bahwa tokoh-tokoh besar dari masyarakat Batak yang berada di Ibukota juga memberikan dukungan terhadap pembentukan Provinsi Tapanuli.





×

Baca juga: Demi Perubahan Lebih Baik Selomerto Niat Pisahkan Diri dari Wonosobo, Gandeng Leksono dan Tiga Wilayah Lainnya: Wacana Pemekaran Wilayah Terluas dengan Jarak 32,38 KM

Baca juga: Kesepakatan Enam Kabupaten untuk Bergabung dalam Pembentukan Provinsi Baru Palapa Selatan dalam Rangka Pemekaran Sumatera Selatan: Potensi Kabupaten Lahat Sebagai Ibu Kota?

Baca juga: Wacana Pemekaran Sumsel: Kota Pagaralam Permata Tersembunyi di Sumatera Selatan--Miliki Potensi Wisata Daerah yang Besar

Pertanyaan selanjutnya muncul, daerah mana saja yang akan keluar dari Provinsi Sumatera Utara dan bergabung dengan Tapanuli Utara dalam membentuk Provinsi Tapanuli?

Selain Tapanuli Utara, terdapat Kabupaten Tapanuli Tengah, Kabupaten Toba Samosir, Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Samosir, dan Kota Sibolga.

lanjutan,

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr