sunbanner

Tak Perlu Naik Pesawat! Ke Malaysia Kini Bisa Ditempuh Lewat Jalur Darat Lewat Jembatan di Kalimantan Barat yang Punya Panjang Sampai 838,76 Km

Tak Perlu Naik Pesawat! Ke Malaysia Kini Bisa Ditempuh Lewat Jalur Darat Lewat Jembatan di Kalimantan Barat yang Punya Panjang Sampai 838,76 Km

Tol Yogya-Solo--

Namun, fokus proyek kali ini adalah pada pembangunan jalan yang menghubungkan Pontianak (Indonesia) ke Tebedu (Malaysia).

Dua ruas jalan utama yang dibangun dalam proyek ini adalah ruas Tayan - Sosok dan Sanggau - Tanjung, dengan total panjang mencapai 79,2 km.



Entikong, yang terletak di Kabupaten Sanggau, menjadi titik akhir jalan ini dan berfungsi sebagai Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Indonesia.

Baca juga: Hoax Atau Bukan? Terusan Paling Panjang di ASEAN ini Vakal di Bangun di Sumatera Utara dengan Keuntungan Mencapai Rp310 T, Panjanganya Bisa Tebak Berapa?

PLBN Entikong menjadi pusat aktivitas lintas batas, dengan warga Malaysia dan Indonesia yang setiap hari keluar masuk melalui wilayah perbatasan ini.





×

Pentingnya kelancaran kegiatan ini menjadi alasan kuat pemerintah untuk memastikan pembangunan jalan yang baik dan berkualitas.

Sumber dana untuk proyek ini berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), yang sebagian besar diperoleh melalui pinjaman dari Asian Development Bank (ADB) pada tahun 2015.

Meskipun anggaran besar, proyek ini berhasil diselesaikan dalam waktu dua tahun, tepatnya pada tahun 2017.

Saat ini, Jalur Trans Kalimantan yang dibangun melayani banyak kendaraan, terutama untuk keperluan penyuplai logistik.

Baca juga: 4 Daerah Tertinggal di Sumut ini Dampak dari Sempitnya Daerah di Sumatera Utara, Salah Satu Wilayahnya Bakal jadi Provinsi Baru dengan Luas 5.625 Km2

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr