sunbanner

Misteri Kota Baru! Pemekaran Kabupaten Bandung Lahirkan Kota Rahasia dengan Luas 42,48 Km2, Apa Nama Kota Tersembunyi Ini?

Misteri Kota Baru! Pemekaran Kabupaten Bandung Lahirkan Kota Rahasia dengan Luas 42,48 Km2, Apa Nama Kota Tersembunyi Ini?

Jember Terbelah: Apa yang Mendorong Kecamatan-Kecamatan Ini untuk Menjadi Wilayah Mandiri?-PEXEL-

Provinsi Jawa Barat sendiri memiliki luas wilayah sekitar 37.040,04 kilometer persegi.

Namun, perlu diketahui bahwa salah satu kota di Jawa Barat saat ini ternyata merupakan hasil pemekaran dari kabupaten yang ada.



Kota yang dimaksud adalah Kota Cimahi, yang telah menjadi entitas tersendiri sejak tanggal 21 Juni 2001, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2001.

Berdasarkan data BPS tahun 2022, Kota Cimahi terbagi menjadi tiga kecamatan, yaitu Cimahi Selatan, Cimahi Tengah, dan Cimahi Utara.

Luas keseluruhan wilayah Kota Cimahi mencapai 42,48 kilometer persegi, dan saat ini dihuni oleh lebih kurang 572,24 ribu jiwa.





×

Baca juga: Malaysia Bertekuk Lutut! Usai Proyek Jalan di Kalimantan Barat ini Punya Panjang 79,2 Km Menjulang Sampai Negeri Jiran, Biayanya Capai Rp465 Miliar

Baca juga: Bukan Medan! Tapi Nias Barat Bakal jadi Provinsi Baru dengan Luas 5.625 Km2, dengan Pendapatan Perkapitanya Mencapai Rp350.000 per Tahun di Sumatera Utara

Demikianlah informasi mengenai salah satu kota di Jawa Barat yang muncul melalui pemekaran Kabupaten Bandung.***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr