sunbanner

Pecah! 3 Daerah Tersebar di Bangka Belitung Setelah Pemekaran 2003, Tapi Apakah Ini Akhirnya? Ada Gairah Tambah Wilayah Lagi?

Pecah! 3 Daerah Tersebar di Bangka Belitung Setelah Pemekaran 2003, Tapi Apakah Ini Akhirnya? Ada Gairah Tambah Wilayah Lagi?

Sensasional! Pontianak Bergolak pada Kabupaten Baru di Kalimantan Barat yang Membuat Heboh Masyarakat Kalbar, Sudah Tahu Dimana Lokasinya? Cekidot-pexel-

1. Kabupaten Bangka Barat

Setelah pemekaran, luas wilayah Kabupaten Bangka Barat mencapai 2.820,61 km persegi. Kabupaten ini, yang berpusat di Muntok, memiliki jumlah penduduk sebanyak 197.066 jiwa.

2. Kabupaten Bangka Selatan

Wilayah Kabupaten Bangka Selatan setelah pemekaran memiliki luas 3.607,08 km persegi, dan beribukota di Kota Toboali dengan jumlah penduduk mencapai 176.658 jiwa.

3. Kabupaten Bangka Tengah



Kabupaten ini, yang berpusat di Koba, memiliki luas wilayah setelah pemekaran sebesar 2.155,77 km persegi, dengan jumlah penduduk mencapai 182.286 jiwa.

Baca juga: Maluku Diiming-Imingi Proyek Jembatan dengan Anggaran Mencapai Rp6 Triliun Desain yang Amat Megah 2 Pulau Mampu di Belah, Namun Masih Batas Tawaran?

Baca juga: Panjangnya Memulai Prahara! Jembaran 9 Km di Maluku Ini Bakal Dibangun untuk Hubungkan Kota Ambon dan Seram, Sejak 10 Tahun Masih Saja Wacana





×

Baca juga: Proyek Jembatan Super Megah Maluku yang Mengguncang Dunia Bernama Ambser! Dengan Estimasi 5 Tahun Pembangunan Sampai Selesai Demi Memberikan Kenyamana Bagi Masyarakat

Meskipun sempat terdengar keinginan untuk membentuk Kabupaten Bangka Utara, namun rencana tersebut tidak terealisasi karena keputusan pemerintah pusat yang tidak menyetujui pemekaran baru, kecuali di kawasan Papua.

Saat ini, Provinsi Bangka Belitung memiliki total tujuh kabupaten/kota. Meskipun banyak daerah mengajukan pembentukan daerah otonom, termasuk Kabupaten Bangka Utara, pemerintah menegaskan bahwa tidak akan ada pemekaran baru kecuali di Papua.

Proses pemekaran memerlukan perencanaan finansial yang cermat, termasuk aspek kemandirian fiskal, pemerintahan baru, infrastruktur, dan sumber daya manusia.***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr