sunbanner

Ukuran Kabupaten Mengecil! Apa yang Bikin Warga Jawa Barat Terkejut Setelah Pemekaran Jabar Ini?

Ukuran Kabupaten Mengecil! Apa yang Bikin Warga Jawa Barat Terkejut Setelah Pemekaran Jabar Ini?

Ukuran Kabupaten Mengecil! Apa yang Bikin Warga Jawa Barat Terkejut Setelah Pemekaran Daerah Ini?-IsaMarines/pixabay-

Kabupaten Pangandaran, yang secara geografis merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Ciamis, memiliki luas wilayah mencapai 1.414,71 km2.

Pemekaran ini dilakukan dengan maksud untuk meningkatkan pelayanan di bidang pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan.



Selain itu, pembentukan Kabupaten Pangandaran juga diarahkan untuk mengoptimalkan pemanfaatan potensi daerah dalam rangka penyelenggaraan otonomi daerah.

Langkah ini diatur melalui Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2012 yang menetapkan bahwa 10 kecamatan yang sebelumnya merupakan bagian dari Kabupaten Ciamis, kini menjadi bagian integral dari Kabupaten Pangandaran. Kecamatan tersebut antara lain adalah Parigi, Cijulang, Cimerak, Cigugur, Langkaplancar, Mangunjaya, Padaherang, Kalipucang, Pangandaran, dan Sidamulih.

Baca juga: Perubahan Lebih Baik! Wacana Pemekaran Jateng, Sisakan 23 Kabupaten di Jawa Tengah--Rembang Jadi Ibu Kota Baru?





×

Baca juga: Kilau Kota: Menapaki Masa Depan Baru di Ibu Kota Kalimantan Utara, Tanjung Selor! Pemekaran Kaltara

Kini, Pangandaran berdiri sebagai kabupaten yang kokoh di Provinsi Jawa Barat. Keberhasilan ini didukung oleh kekayaan alamnya, termasuk keberadaan pantai dengan gelombang laut yang tenang, menjadikannya tempat persinggahan ideal bagi para nelayan.

Selain itu, Pangandaran juga dikenal sebagai penghasil batok kelapa terbesar di wilayah selatan Jawa Barat, menunjukkan potensi untuk dikembangkan sebagai pusat industri penyedia bahan setengah jadi untuk produk kerajinan.

lanjutan, 

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr