sunbanner

Auto Nambah! Pemekaran Kalimantan Utara Membawa Keberhasilan, Masyarakat Antusias dengan Penambahan Wilayah Provinsi Baru dan Respon Positif dari 5 Calon Daerah

Auto Nambah! Pemekaran Kalimantan Utara Membawa Keberhasilan, Masyarakat Antusias dengan Penambahan Wilayah Provinsi Baru dan Respon Positif dari 5 Calon Daerah

daerah-jonas-jacobs/unplash-

Auto Nambah! Pemekaran Kalimantan Utara Membawa Keberhasilan, Masyarakat Antusias dengan Penambahan Wilayah Provinsi Baru dan Respon Positif dari 5 Calon Daerah.

Sejak suksesnya pemekaran Provinsi Kalimantan Utara, antusiasme masyarakat terhadap pembentukan provinsi-provinsi baru semakin meningkat.



Terdapat lima calon provinsi baru yang sedang dirancang, masing-masing menawarkan dinamika dan potensi yang menarik. Berikut adalah gambaran singkat dari setiap calon provinsi:

1. Provinsi Kapuas Raya

Terletak sebagai pecahan dari Kalimantan Barat, Provinsi Kapuas Raya menjanjikan pembangunan pesat dengan lahan kantor gubernur seluas 32 hektare yang sudah disiapkan di Kecamatan Sintang Kabupaten Sintang.

Baca juga: Rencana Pemekaran hingga Pembangunan, Intip Persiapan Gambut Raya, Membangun Wilayah Otonom dengan 6 Kecamatan yang Memesona, Kertak Hanyar Termasuk?





×

Baca juga: Jejak Sejarah Terbentuknya Provinsi Kotawaringin: Awal Pemekaran dan Harapan Masyarakat Kalteng yang Tak Terungkap

Baca juga: Yamaha STSJ Ungkap Penyebab Rem Motor Bunyi Berdecit Saat Musim Hujan

Potensi pertumbuhan ekonomi dan perkembangan wilayah menjadi sorotan utama.

2. Provinsi Tanjung Pura

Calon provinsi ini diharapkan berasal dari pemekaran Kalimantan Barat, mencakup wilayah Kabupaten Ketapang dan Kayong Utara.

Dengan demikian, Tanjung Pura membawa harapan baru untuk pengembangan ekonomi dan infrastruktur di daerah tersebut.

3. Provinsi Kotawaringin

Akan terbentuk dari pemekaran beberapa kabupaten/kota, seperti Waringin Barat, Waringin Timur, Seruyan, dan Lamandau.

Provinsi ini menawarkan kekayaan sumber daya alam yang melimpah serta potensi peningkatan kualitas hidup masyarakat di wilayah-wilayah tersebut.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr