sunbanner

Provinsi Baru di Jawa Tengah Dikabarkan Menciut karena 6 Kabupaten Berencana Bergabung dengan Kota Kecil, Rahasia Terungkap di Balik Keputusan Ini!

Provinsi Baru di Jawa Tengah Dikabarkan Menciut karena 6 Kabupaten Berencana Bergabung dengan Kota Kecil, Rahasia Terungkap di Balik Keputusan Ini!

Fakta atau Mitos Pemisahan 3 Kabupaten Jambi Ngotot Pengen Pemekaran Bentuk DOB, Apakah Ibu Kota Sumatera Tengah Bakal Pindah?-yulia-agnis/unplash-

Selain itu, kabupaten-kabupaten tersebut memiliki ikatan sejarah yang erat, yang menjadikan dorongan untuk pemekaran wilayah semakin kuat berdasarkan landasan sejarah yang ada.

Adapun keenam kabupaten yang diusulkan untuk berpisah dari Jawa Tengah adalah Boyolali, Sragen, Karanganyar, Sukoharjo, Klaten, dan Wonogiri.



Usulan ini menitikberatkan pada gagasan bahwa keenam kabupaten tersebut bersatu dengan Surakarta untuk membentuk Daerah Istimewa Surakarta.

Harus dicatat bahwa konsep Daerah Istimewa Surakarta sudah pernah ada secara de facto pada periode 1945 hingga 1946, sebelum statusnya diubah menjadi Karesidenan Surakarta yang terdiri dari keenam kabupaten tersebut.

Baca juga: Hanya Berjarak 48 Km dari Jakarta, Daerah Ini Memutuskan Mengambil langkah Besar Mengusulkan Pemisahan diri dari Provinsi Banten





×

Baca juga: Bertampang Palisade, Hyundai Creta Generasi Baru Jadi Makin Sangar dan Gagah

Baca juga: Penduduk Lebih Padat Daripada Bali? Selain Dikabarkan Warganya Banyak, Ternyata Provinsi Kotawaringin di Kalimantan Tengah Bakal Alami Pemekaran Wilayah, Simak Ulasan Berikut!

Namun, pada tanggal 4 Juli 1950, Karesidenan Surakarta dihapus dan bergabung kembali dengan Jawa Tengah.

Faktor sejarah inilah yang menjadi dasar munculnya kembali wacana pemekaran wilayah ini.

Meskipun isu ini telah menjadi perhatian Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sejak tahun 2014, dalam kunjungan studi banding ke Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, namun hingga kini belum ada perkembangan lebih lanjut terkait proses pembentukan Daerah Otonom Baru tersebut. Wacana ini masih sebatas rencana dan belum mencapai tahap pelaksanaan.

lanjutan,

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr