sunbanner

Kenapa Purbalingga Dijuluki Sebagai Kota Knalpot? Benarkah Akibat Terdapat Banyak Liar yang Ugal-Ugalan? Begini Sejarah Panjangnya

Kenapa Purbalingga Dijuluki Sebagai Kota Knalpot? Benarkah Akibat Terdapat Banyak Liar yang Ugal-Ugalan? Begini Sejarah Panjangnya

knalpot-webandi/pixabay-

Tugu Knalpot yang megah berdiri tegak di persimpangan jalan D.I.Panjaitan, jalan Padamara, dan jalan A.W.Sumarno bukanlah tanpa sejarah yang menarik.

Mengapa Purbalingga dijuluki sebagai kota knalpot? Mari kita menyelusuri sejarah dan asal-usulnya.



Kabupaten Purbalingga, yang bersarang indah di Jawa Tengah, dikenal sebagai kota knalpot karena kreativitas masyarakatnya dalam menciptakan mata pencaharian melalui produksi knalpot.

Knalpot buatan Purbalingga juga mendapat julukan sebagai knalpot Braling.

Sejarah gemilang produksi knalpot di Purbalingga dimulai pada tahun 1970 oleh seorang warga setempat bernama Hasan Yusuf.





×

Meskipun awalnya Hasan memproduksi dandang berbahan kuningan, namun hasilnya tidak begitu laris di pasaran.

Perubahan terjadi ketika permintaan akan knalpot semakin melonjak, terutama dari toko onderdil kendaraan dan bengkel di Jakarta.

Purbalingga kemudian menjadi sumber inspirasi bagi masyarakatnya untuk memproduksi knalpot secara tradisional, tanpa bantuan mesin.

Meski banyak beroperasi sebagai industri rumahan, knalpot buatan Purbalingga dikenal akan kualitasnya yang luar biasa.

Bahkan, merek Knalpot Braling tidak hanya populer di Indonesia, tetapi juga merambah pasar internasional dengan sejumlah pemesan terkemuka seperti Mercedes Benz, Suzuki, Daihatsu, dan Toyota.

Produksi knalpot di Purbalingga tidak hanya terbatas pada kendaraan pribadi, melainkan juga melibatkan sektor militer.

Baca juga: Provinsi Baru di Jawa Tengah Dikabarkan Menciut karena 6 Kabupaten Berencana Bergabung dengan Kota Kecil, Rahasia Terungkap di Balik Keputusan Ini!

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr