sunbanner

Tidak Perlu Depak Wilayah, Keenam Provinsi Baru Alami Kemajuan dan Pelayanan Masyarakat hingga Menjadi Calon Provinsi Baru di Kalimantan

Tidak Perlu Depak Wilayah, Keenam Provinsi Baru Alami Kemajuan dan Pelayanan Masyarakat hingga Menjadi Calon Provinsi Baru di Kalimantan

daerah-pexels/tom fisk-

Tidak Perlu Depak Wilayah, Keenam Provinsi Baru Alami Kemajuan dan Pelayanan Masyarakat hingga Menjadi Calon Provinsi Baru di Kalimantan.

Pulau Kalimantan siap menyambut keberadaan enam provinsi baru yang akan membawa warna baru dalam peta administratif wilayah ini.



Dalam upaya pemekaran ini, kita dapat melihat perkembangan yang positif dan potensi pelayanan kepada masyarakat setempat yang semakin meningkat.

Baca juga: Usulan Pembentukan Daerah Otonomi Baru Tanjung Selor Bertujuan Jadi Ibu Kota Provinsi Sekaligus Kabupaten Masih Tahap Perencanaan atau Waana?

Baca juga: Seru dan Lucu Banget! 13 Plesetan Nama di Kabupaten Rembang ini Sukses Bikin Berdecak Kagum, ada Lasem Hingga Gunem





×

Baca juga: Berkilau di Ujung Sumatera Selatan: Pemekaran Kabupaten Kikim Segera Dirikan Wilayah Mandiri sebagai Daerah Otonomi Baru!

1. Provinsi Sambas Raya

Pemekaran dari Kalimantan Barat, Provinsi Sambas Raya membawa keberagaman dari empat kabupaten/kota, yaitu Kabupaten Sambas Utara, Kota Singkawang, Kabupaten Bengkayang, dan Kabupaten Sambas.

Dengan Ibukota direncanakan di Kota Sambas, provinsi ini menjanjikan perkembangan yang menarik dan semakin dekat dengan masyarakat.

2. Provinsi Kapuas Raya

Juga berasal dari Kalimantan Barat, Provinsi Kapuas Raya menggabungkan wilayah administratif dari Kabupaten Sintang, Kabupaten Kapuas Hulu, Kabupaten Sanggau, Kabupaten Sekadau, dan Kabupaten Melawi.

Dengan Ibukota di Kota Sintang, provinsi ini menawarkan potensi kreativitas dan inovasi yang tak terbatas.

3. Provinsi Tanjung Pura

Pemekaran dari Kalimantan Barat, Provinsi Tanjung Pura membawa keunikan wilayah administratif dari Kabupaten Kayong Utara, Kabupaten Ketapang, Kabupaten Tumbang Titih, Kabupaten Hulu Aik, dan Kabupaten Jelai Kendawangan Raya.

Dengan Ibukota di Kota Ketapang, provinsi ini menjadi gerbang baru untuk eksplorasi wisata yang menarik.

4. Provinsi Kotawaringin: Seruyan

Pemekaran dari Kalimantan Tengah, Provinsi Kotawaringin melibatkan Kabupaten Sukamara, Kabupaten Lamandau, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Kotawaringin Timur, dan Kabupaten Seruyan.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr