sunbanner

Biaya Hidup Termahal! 5 Daerah di Provinsi Maluku yang Sepertinya Surganya Orang Kaya, Sudahkah Rumah Anda Menjadi Bagian dari Mereka?

Biaya Hidup Termahal! 5 Daerah di Provinsi Maluku yang Sepertinya Surganya Orang Kaya, Sudahkah Rumah Anda Menjadi Bagian dari Mereka?

Suhu Panas Maksimal! 4 Kecamatan Terpanas di Subang yang Bisa Bikin Kulit Merah Muda, Apakah Legonkulon Salah Satunya? Temukan Jawabannya di Sini!-chienba/pixabay-

Biaya Hidup Termahal! 5 Daerah di Provinsi Maluku yang Sepertinya Surganya Orang Kaya, Sudahkah Rumah Anda Menjadi Bagian dari Mereka?

Provinsi Maluku memiliki sejarah panjang sebagai pusat perdagangan rempah dunia yang sudah berlangsung sejak masa sebelum penjajahan.



Kekayaan alam Maluku yang melimpah membuatnya dikenal sebagai Kepulauan Rempah di dunia internasional.

Baca juga: Surganya Para Saudagar Kaya Raya! Ini 5 Daerah Terkaya di Jambi yang Bukan Kaleng-Kaleng, Nomor 1 Paling Moncer!

Baca juga: Bakal Iri Ngak? Desa Miliarder di Magetan, Jawa Tengah, yang Menandingi Kemegahan Rumah Artis di Ibu Kota!





×

Baca juga: Inilah 5 Daerah Terkaya di Provinsi Bengkulu, Peringkat Pertama Warganya Dikenal sebagai Miliarder yang Memiliki Rumah Bak Istana

Pala dan cengkeh menjadi dua jenis rempah-rempah yang paling terkenal dan menjadi sumber daya penting dalam perdagangan dunia.

Tidak hanya pala dan cengkeh, Maluku juga memiliki rempah-rempah lain seperti kayu manis, lada, dan kemiri yang menjadi sumber pendapatan ekonomi bagi masyarakat setempat. Rempah-rempah tersebut tumbuh subur di lahan pertanian di seluruh wilayah Maluku.

Selain itu, Maluku juga kaya akan hasil laut seperti ikan, teripang, kerang, dan rumput laut yang menjadi komoditas penting dalam perdagangan internasional.

Dengan kekayaan alam yang melimpah ini, Provinsi Maluku menjadi pusat perdagangan yang strategis dan memberikan kontribusi yang besar terhadap perekonomian nasional.

Berbagai kegiatan ekonomi seperti perdagangan, pertanian, dan perikanan berkembang pesat di wilayah ini, sehingga membuatnya memiliki geliat perekonomian yang cukup tinggi.

Tidak hanya sebagai pusat perdagangan rempah dunia, Provinsi Maluku juga memiliki geliat perekonomian yang cukup tinggi dengan sektor-sektor utama seperti perikanan, pertanian, pariwisata, dan pertambangan.

Selain itu, sebagian besar penduduknya juga berprofesi sebagai nelayan, petani, dan pedagang yang berperan penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah ini.

Provinsi ini terdiri dari 11 kabupaten dan kota dengan ibukota di Kota Ambon. Namun, sebagai provinsi dengan perekonomian yang tinggi, beberapa daerah di Maluku memiliki biaya hidup yang termasuk tinggi.

Penting untuk diketahui bahwa tingkat daya beli masyarakat sangat mempengaruhi biaya hidup di suatu daerah.

Tingkat pendapatan yang lebih tinggi biasanya diikuti dengan biaya hidup yang lebih tinggi.

Oleh karena itu, biaya hidup termahal di suatu daerah dapat diindikasikan berdasarkan pengeluaran rata-rata per kapita sebulan, baik untuk makanan maupun bukan makanan.

Pengeluaran rata-rata per kapita sebulan adalah biaya yang dikeluarkan oleh semua anggota rumah tangga dalam satu bulan untuk konsumsi sehari-hari.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik tahun 2022 yang dilansir oleh dari PDF Provinsi Maluku Dalam Angka 2023, terdapat 5 daerah di Provinsi Maluku yang memiliki biaya hidup termahal.

Cek pada halaman berikutnya,

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr