sunbanner

Terungkap Rahasia di Balik Rencana 2 Provinsi Baru di Kalimantan Tengah Mendadak Rencana Pemekaran? Bagaimana Faktanya

Terungkap Rahasia di Balik Rencana 2 Provinsi Baru di Kalimantan Tengah Mendadak Rencana Pemekaran? Bagaimana Faktanya

Kecamatan Mini di Kota Ini: Daerah Terkecil di Batam yang Bikin Penasaran, Bukan Sekupang!-PEXEL-

Ia berpendapat bahwa pemekaran wilayah ini menjadi kunci bagi kemajuan dan percepatan pembangunan di daerah tersebut.

Analoginya, Sugianto mengungkapkan keinginannya agar Kalimantan Tengah dapat dibagi menjadi dua wilayah terpisah.



Sebagaimana diketahui, meskipun Kalimantan Tengah merupakan provinsi terluas di Indonesia, bahkan melampaui luas Pulau Jawa, namun jumlah kabupaten dan kota yang hanya mencapai 13 kabupaten dan 1 kota dinilainya kurang proporsional dengan luas wilayah yang mencapai 153 ribu km2.

Baca juga: Riau Pesisir Lahir dari Pemekaran Riau, Punya Ibu Kota Baru yang Istimewa dengan Luas 2.059,61 Km2 yang Direstui DPRD Sejak 2014!

Baca juga: Pemekaran Daerah Seluas 469,36 Km2 di Sumatera Utara, Rubah Identitas Daerah dan Munculkan Harapan Baru Masyarakat, Ibu Kota Sumut Auto Pindah ke Daerah Ini?





×

Baca juga: Ibukota Baru Sumatera Utara! Kehebohan di Balik Pemekaran Daerah Luas 469,36 Km2 Ini Terungkap Awalnya Kabupaten Sekarang Jadi Apa?

Pentingnya pemekaran wilayah ini juga didorong oleh keinginan untuk mempercepat pembangunan.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin merespon hal tersebut dengan menyatakan bahwa saat ini masih diberlakukan moratorium terkait pemekaran Daerah Otonom Baru (DOB), kecuali untuk Papua.

Lebih lanjut, Ma'ruf Amin menyampaikan bahwa apabila dirinya masih menjabat sebagai wakil presiden dan moratorium pemekaran DOB dibuka, Kalimantan Tengah akan menjadi prioritas pengembangan pertama.

Terkait dengan usulan konkret, jika pemekaran wilayah Kalimantan Tengah terealisasi, dua provinsi baru yang akan muncul adalah Provinsi Kotawaringin dan Barito Raya.***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr