sunbanner

Bekas Kerajaan Terlupakan di Kabupaten Ciamis, Daerah Pemekaran Jawa Barat Digadang-gadang Wilayah Istana Jaman Dulu

Bekas Kerajaan Terlupakan di Kabupaten Ciamis, Daerah Pemekaran Jawa Barat Digadang-gadang Wilayah Istana Jaman Dulu

Pemekaran Kabupaten Ciamis Sebabkan Pecahnya Daerah? Ternyata Tersembunyi 2 Wilayah Muda yang Tak Terduga!-flo-dahm/unplash-

Menurut sumber resmi dari Kementerian Dalam Negeri, kabupaten yang muncul sebagai hasil pemekaran ini diberi nama Kabupaten Pangandaran.

Pangandaran secara resmi menjadi kabupaten berdasarkan Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2012, sebuah tonggak sejarah yang diwujudkan pada tanggal 25 Oktober 2012.



Ibu kota Kabupaten Pangandaran terletak di Parigi, dan dengan terbentuknya kabupaten ini, Pangandaran menjadi salah satu kabupaten termuda di Jawa Barat.

Wilayahnya mencakup luas sekitar 1.011,04 kilometer persegi, terbagi menjadi 10 kecamatan dan 93 desa.

Baca juga: Mulai Menciut Nyalinya! Wilayah Jawa Tengah Blablas kan 6 Kebupaten untuk Bergabung ke Kota Kecil yang ada di Jatim yang Sudah ada Sejak 10 Tahun Lalu





×

Kecamatan-kecamatan yang membentuk wilayah Kabupaten Pangandaran meliputi Cigugur, Cijulang, Cimerak, Kalipucang, Langkaplancar, Mangunjaya, Padaherang, Pangandaran, Parigi, dan Sidamulih.

Dalam konteks pariwisata, Kabupaten Pangandaran dikenal memiliki beragam destinasi menarik, terutama pantai-pantai yang memukau, seperti Pantai Pangandaran, Pantai Karapyak, Pantai Karangnini, Pantai Lembah Putri, Pantai Karang Tirta, Pantai Batu Hiu, Pantai Batu Karas, dan Pantai Madasari.

lanjutan,

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr