sunbanner

Bekas Kerajaan Terlupakan di Kabupaten Ciamis, Daerah Pemekaran Jawa Barat Digadang-gadang Wilayah Istana Jaman Dulu

Bekas Kerajaan Terlupakan di Kabupaten Ciamis, Daerah Pemekaran Jawa Barat Digadang-gadang Wilayah Istana Jaman Dulu

Pemekaran Kabupaten Ciamis Sebabkan Pecahnya Daerah? Ternyata Tersembunyi 2 Wilayah Muda yang Tak Terduga!-flo-dahm/unplash-

Selain keindahan pantai, keunikan Kabupaten Pangandaran juga terletak pada sejarahnya. Diketahui bahwa Pangandaran dahulu merupakan bagian dari Kerajaan Pajajaran, sebuah fakta yang terungkap melalui penelusuran dari laman resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Baca juga: Berikut Daerah Tersepi di Jawa Barat, Jumlah Penduduknya Hanya 383 Jiwa per Km², Usianya Baru 12 Tahun Setelah Pemekaran Jabar, Apa yang Terjadi?



Baca juga: Riau Pesisir Lahir dari Pemekaran Riau, Punya Ibu Kota Baru yang Istimewa dengan Luas 2.059,61 Km2 yang Direstui DPRD Sejak 2014!

Sebelum diidentifikasi sebagai Pangandaran, daerah ini dikenal sebagai Pananjung, salah satu nama kerajaan yang berdiri sekitar abad ke-14 Masehi. Sayangnya, kerajaan ini menghadapi kehancuran akibat serangan perompak.

Dengan menggali informasi mengenai wilayah hasil pemekaran Kabupaten Ciamis, kita dapat lebih memahami kaya akan sejarah dan keunikan yang melekat di setiap sudut Provinsi Jawa Barat, khususnya di Kabupaten Ciamis dan Pangandaran.





×

Semoga pengetahuan ini memberikan wawasan yang lebih mendalam mengenai warisan budaya dan keindahan alam di daerah tersebut.***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr