sunbanner

DAS Barito Bergema: Pembentukan Provinsi Baru dan Pemekaran Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan Resmi Disetujui Warga? Kompak Ajukan Wilayah?

DAS Barito Bergema: Pembentukan Provinsi Baru dan Pemekaran Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan Resmi Disetujui Warga? Kompak Ajukan Wilayah?

Lokasinya Tersembunyi di Kota Batam: Daerah Terkecil yang Luasnya Gak Sampai 20 Kilometer Persegi!-Thomas_G/pixabay-

Menurutnya, kesamaan aliran sungai dan rumpun akan menciptakan kondisi yang mendukung di wilayah tersebut.

Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran, telah mengusulkan pembentukan tiga provinsi baru, termasuk Barito Raya, sebagai upaya pemekaran Provinsi Kalimantan Tengah.



Meskipun progresnya masih dalam pembahasan di Kementerian Dalam Negeri, Sugianto Sabran sangat mendukung usulan ini.

Sekda Kalteng, Nuryakin, juga menyatakan dukungannya dan sedang berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat terkait pemekaran wilayah.

Apabila Pemerintah Pusat melihat perlunya Provinsi Barito Raya sebagai daerah penyangga IKN Nusantara, kemungkinan besar moratorium DOB dapat diabaikan demi kepentingan yang lebih besar.





×

Diharapkan pembentukan Provinsi Barito Raya dapat memberikan dampak positif bagi pembangunan, ekonomi, dan tata ruang wilayah di Indonesia, khususnya di kawasan Kalimantan.

Semangat dan perjuangan masyarakat serta tokoh terus berlangsung dengan harapan agar wacana ini dapat segera terealisasi, memperkuat keyakinan bahwa pemekaran wilayah ini menjadi kebutuhan mendesak untuk mendukung pembangunan nasional.***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr