sunbanner

Pemekaran Provinsi Kalteng dan Kalsel yang Membahana di Bumi Kalimantan, Warga Sepakat Bentuk Barito Raya hingga Area DAS Barito, Begini Penjelasannya

Pemekaran Provinsi Kalteng dan Kalsel yang Membahana di Bumi Kalimantan, Warga Sepakat Bentuk Barito Raya hingga Area DAS Barito, Begini Penjelasannya

Pemekaran Provinsi Kalteng dan Kalsel yang Membahana di Bumi Kalimantan, Warga Sepakat Bentuk Barito Raya hingga Area DAS Barito, Begini Penjelasannya-PEXEL-

Dia mengindikasikan bahwa alasan utama pemekaran adalah luasnya wilayah Provinsi Kalteng demi tercapainya pemerataan pembangunan, meskipun keputusan akhir bergantung pada Pemerintah Pusat.

Para pendukung pembentukan Provinsi Barito Raya mengklaim bahwa wilayah ini, terletak di pinggiran Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito, memiliki potensi ekonomi yang signifikan.



Kekayaan sumber daya alam seperti karet, rotan, emas, batubara, dan minyak bumi dianggap sebagai potensi pendapatan asli daerah yang sangat menjanjikan.

Baca juga: Jalan Layang dengan Dana Rp4,8 Triliun Segera Rampung di Tahun 2025 di Sumatera Barat! Namun Sayang Banget Bukan Di Solok Akibat Punya Tikungan Curam

Baca juga: Kejanggalan Jumlah Warga 383 Jiwa Per Km²: Setelah Pemekaran Kabupaten di Jawa Barat, Kenapa Menciut dan Jadi Wilayah Tersepi?





×

Setia Budhi, Sekretaris Forum Pengkajian Pembentukan Provinsi Barito Raya (FP3BR), mengungkapkan bahwa usulan ini telah ada sejak tahun 1963.

Tugas forum ini adalah menyusun struktur organisasi dan menyerap aspirasi masyarakat terkait pemekaran wilayah.

Pengamat Ekonomi Suryani memberikan dukungannya terhadap pembentukan Provinsi Barito Raya, menyatakan bahwa hal ini merupakan langkah positif yang akan memberikan keuntungan bagi kabupaten yang tergabung.

lanjutan,

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr