sunbanner

Pemekaran Kabupaten Muara Enim: R2L dan Gelumbang, Peluang atau Kontroversi Sumatera Selatan, Benarkah ini Keputusan Terbaik?

Pemekaran Kabupaten Muara Enim: R2L dan Gelumbang, Peluang atau Kontroversi Sumatera Selatan, Benarkah ini Keputusan Terbaik?

Mengintip Keunikan 4 Daerah Terpencil di Bangka Belitung: Siapa Sangka Nomor 2 Mengejutkan Warga Karena Hal Ini,-PEXEL-

1. Kabupaten Rambang Lubai Lematang (R2L):

Kabupaten Rambang Lubai Lematang (R2L), yang merupakan hasil pemekaran wilayah dari Kabupaten Muara Enim, terdiri dari enam kecamatan, yakni Rambang, Rambang Niru, Empat Petulai Dangku, Lubai Ulu, Belimbing, dan Lubai.

Pada tanggal 22 September 2022, Ketua Presidium R2L, Usman Fitriansyah SH, mengadakan audiensi dengan Penjabat Bupati Muara Enim, Kurniawan.



Dalam forum tersebut, Presidium Daerah Otonomi Baru (DOB) R2L menyuarakan permohonan dukungan kepada Ketua Umum Forum Koordinasi Daerah (Forkoda), Ir H Syahrial Oesman, yang juga dikenal sebagai mantan Gubernur Sumatera Selatan.

Kabupaten Rambang Lubai Lematang menawarkan potensi yang melibatkan keberagaman kekayaan alam, mulai dari sumber daya minyak bumi, gas, batubara, perkebunan sawit, lahan pertanian, hingga sumber daya alam (SDA) lainnya.

Baca juga: Riau Pesisir Lahir dari Pemekaran Riau, Punya Ibu Kota Baru yang Istimewa dengan Luas 2.059,61 Km2 yang Direstui DPRD Sejak 2014!





×

Baca juga: Kejanggalan Jumlah Warga 383 Jiwa Per Km²: Setelah Pemekaran Kabupaten di Jawa Barat, Kenapa Menciut dan Jadi Wilayah Tersepi?

2. Kabupaten Gelumbang:

Kabupaten Gelumbang, hasil pemekaran Kabupaten Muara Enim, membanggakan enam kecamatan, termasuk Gelumbang, Muara Belida, Sungai Rotan, Lembak, Belida Darat, dan Kelekar, yang tersebar di 76 desa dan satu kelurahan.

Rani Kodim, sebagai Ketua Presidium Kabupaten Gelumbang, mendapat dukungan penuh dari Ketua Dewan Pembina, H Hanan Zulkarnain, yang pernah menjabat sebagai Wakil Bupati Muara Enim.

Pembentukan Kabupaten Gelumbang meraih persetujuan dari Bupati Muara Enim, DPRD Muara Enim, DPRD Sumatera Selatan, dan Gubernur Sumatera Selatan.

Lanjutan, keterangan Gubernur Sumatera Selatan,

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr