sunbanner

Bogor Bakal Punya Tambahan Kabupaten dengan 1,3 Juta Penduduk! Pemekaran Jawa Barat Bakal Spill Calon Ibu Kota Baru! Warganya Siap Berubah Satset Gak Nih?

Bogor Bakal Punya Tambahan Kabupaten dengan 1,3 Juta Penduduk! Pemekaran Jawa Barat Bakal Spill Calon Ibu Kota Baru! Warganya Siap Berubah Satset Gak Nih?

Wow! 5 Daerah Terpadat di Tangerang, Bukan Cibodas atau Jatiuwung yang Paling Mengejutkan, Apa Faktor Penyebabnya?-UNPLASH-

Ia menyatakan bahwa langkah ini sangat penting untuk segera diimplementasikan, mengingat wilayah tersebut telah mencapai titik kejenuhan dalam hal jumlah penduduk yang terus bertambah.

Rencananya, Kabupaten Bogor akan dipecah menjadi dua bagian, yaitu Kabupaten Bogor Barat dan Bogor Timur.



Kedua kabupaten ini akan terdiri dari 19 Kecamatan, 175 Desa, dan 19 kelurahan. Adanya pemekaran ini diharapkan dapat mengurangi jumlah penduduk Kabupaten Bogor dari sekitar 5 juta jiwa menjadi sekitar 3 juta jiwa.

Mendetail ke Bagian Bogor Timur, wilayah ini memiliki luas sekitar 776 km² yang melibatkan 7 kecamatan dan 75 desa.

Baca juga: Eksotisme Kampung Belanda di Jawa Timur: Dihuni 4 KK, Terletak di Hutan Belantara, Penghuninya Mirip Bule Eropa





×

Baca juga: Bukan Main, Sulawesi Tenggara Punya Empat Kabupaten Penghasil Kedelai Terbesar yang Menjanjiikan, Tebak wilayah Anda Termasuk?

Dengan populasi sekitar 1,3 juta jiwa, mencakup daerah Kecamatan Gunung Putri, Kelapa Nunggal, Cileungsi, Sukamakmur, Jonggol, Cariu, dan Tanjungsari.

Kecamatan Jonggol direncanakan akan menjadi pusat pemerintahan Kabupaten Bogor Timur.

Dalam persiapannya, Kabupaten Bogor telah mengalokasikan dana sebesar 20 miliar rupiah per tahun selama 3 tahun awal untuk menyelenggarakan pemerintahan di Bogor Timur jika pemekaran ini disahkan.

Meskipun demikian, hingga masa jabatan Ade Yasin berakhir pada tahun 2022, pemekaran Kabupaten Bogor Timur belum juga terealisasi hingga saat ini.***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr