Perkembangan Terkini Pemekaran Kabupaten Pandeglang! Apa yang Menyebabkan Wacana Pemekaran Banten Demi Bentuk Kabupaten Cibaliung dan Caringin?

Perkembangan Terkini Pemekaran Kabupaten Pandeglang! Apa yang Menyebabkan Wacana Pemekaran Banten Demi Bentuk Kabupaten Cibaliung dan Caringin?

21 Juni Tandai Sejarah: Kota Baru Terbesar Sulawesi Tenggara Terungkap!-limhengCHEA/pixabay-

Sementara itu, proposal pembentukan Kabupaten Caringin melibatkan 7 kecamatan, yaitu Labuan, Sukaresmi, Patia, Carita, Cikedal, Pagelaran, dan Jiput.

Keberadaan Kabupaten Caringin diharapkan mampu memberikan dampak positif pada perkembangan wilayah timur Kabupaten Pandeglang.



Sebagai ibukota Kabupaten Caringin, Labuan dianggap sebagai pilihan yang tepat berkat potensi dan aksesibilitasnya.

Meskipun dukungan terhadap wacana pemekaran ini ditemui dari sebagian masyarakat dan tokoh lokal, tantangan yang dihadapi tidak dapat diabaikan.

Moratorium Daerah Otonomi Baru (DOB) yang masih berlaku menjadi penghalang utama, dan pengambilan keputusan harus mempertimbangkan dampak ekonomi, sosial, dan budaya yang mungkin timbul.





×

Baca juga: Panasnya Bikin Ngeri! 5 Kota Terpanas di Jawa Barat, Nomor 4 Dikenal Sebagai Daerah Bak Neraka

Baca juga: Rame Banget! 5 Kecamatan Paling Padat di Kabupaten Malang, Ada yang Penduduknya Capai Lebih dari 100 Ribu Jiwa!

Baca juga: Eksplorasi Kota-kota Maju di Indonesia! 5 Kota Paling Canggih, dan Terakhirnya Ternyata Ada di Jawa Timur yang Kecil

Proses pemekaran sendiri melibatkan langkah-langkah yang tidak mudah, termasuk kajian potensi wilayah, pemetaan kebutuhan masyarakat, hingga pembahasan regulasi dan legislasi terkait.

Dengan demikian, proses ini memerlukan ketelitian dan pertimbangan matang untuk memastikan kesuksesan serta memberikan dampak positif bagi masyarakat di wilayah yang bersangkutan.***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr