sunbanner

Pemekaran Cilangkahan dari Nol hingga Terhenti: Kisah Epik Pemekaran dan Pergulatan 17 Tahun Demi Daerah Maju dan Tak Tertinggal hingga Harapan Baru Masyarakat

Pemekaran Cilangkahan dari Nol hingga Terhenti: Kisah Epik Pemekaran dan Pergulatan 17 Tahun Demi Daerah Maju dan Tak Tertinggal hingga Harapan Baru Masyarakat

RESMI? Ibu Kota Aceh Berubah ke Daerah Ini, Duduki Lahan 181.06 Km2 Ternyata Bekas Wilayah Pemekaran Kabupaten Berikut Ini, Apakah Rumahmu di Sini?-PEXEL-

Profil Kabupaten Lebak

Kabupaten Lebak memiliki wilayah seluas 3.044 kilometer persegi yang terbagi menjadi 28 kecamatan, 340 desa, dan 5 kelurahan. Jumlah penduduknya mencapai lebih dari 1.2 juta jiwa, sesuai data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2017, yang menunjukkan betapa besar tantangan yang dihadapi dalam memberikan pelayanan efektif kepada warga di wilayah ini.

Kesiapan 10 Kecamatan untuk Bergabung dengan Kabupaten Cilangkahan

Pada saat ini, 10 kecamatan di Kabupaten Lebak telah menyatakan kesiapannya untuk bergabung dengan daerah otonomi baru, yakni Kabupaten Cilangkahan.



Kecamatan-kecamatan ini melibatkan Cilograng, Cibeber, Cihara, Cijaku, Cigemblong, Banjarsari, Malingping, Bayah, Panggarangan, dan Wanasalam.

Rencana Lokasi Ibukota Kabupaten Cilangkahan

Rencananya, ibukota Kabupaten Cilangkahan akan berlokasi di Kecamatan Malingping. Pemilihan lokasi ini diharapkan dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan wilayah baru tersebut.

Baca juga: 4 Mal Terbesar di Mojokerto yang Mewah dan Megah, Nomor Satu Bahkan Memiliki Hotel di Dalamnya!





×

Baca juga: BACA Manhwa Eleceed chapter 280 Sub Indo Lanjutan komik Eleceed 280 Bahasa Indonesia

Alasan Pembentukan Kabupaten Cilangkahan

Sekretaris Jenderal Badan Koordinasi Pemekaran Kabupaten (Bakor PKC), Agus Ken Ken, menjelaskan bahwa tujuan utama dari pembentukan Kabupaten Cilangkahan adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, pembentukan ini juga ditujukan untuk meratakan pembangunan di wilayah selatan Kabupaten Lebak, tempat Kabupaten Cilangkahan diharapkan akan berdiri.

Dengan luas wilayah mencapai 1.484 kilometer persegi, Kabupaten Cilangkahan diharapkan dapat mencakup sekitar 48.8 persen dari total luas Kabupaten Lebak.

cek pada halaman berikutnya,

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr