sunbanner

Menggali Potensi Ibu Kota Baru Sumatera Utara, Dimana Danau Toba sebagai Pilihan Terbaik Karena Punya Fasilitas yang Lebih Bagus Daripada Medan!

Menggali Potensi Ibu Kota Baru Sumatera Utara, Dimana Danau Toba sebagai Pilihan Terbaik Karena Punya Fasilitas yang Lebih Bagus Daripada Medan!

desa-Couleur/pixabay-

Pilihan tersebut berfokus pada ketersediaan akses melalui transportasi udara dan darat, dengan penyelesaian jalan tol yang menghubungkan Kota Tebing Tinggi dan Parapat pada akhir tahun 2024 menjadi nilai tambah signifikan.

Dari tiga calon tersebut, yaitu kawasan Danau Toba, Tapanuli Tengah, dan Pulau Nias, kawasan Danau Toba dianggap paling cocok untuk menjelma menjadi ibu kota Sumut yang baru.



Dengan tujuh kabupaten yang membentuk wilayah ini, termasuk Toba, Samosir, Simalungun, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Karo, dan Dairi, potensinya sebagai pusat pemerintahan memang menggoda.

Sutrisno Pangaribuan, mantan anggota DPRD Sumut dari kubu PDIP, memberikan rekomendasi kuat untuk menetapkan Danau Toba sebagai ibu kota baru.

Ia berpendapat bahwa pemindahan ini patut dilakukan apabila ibu kota negara juga bisa direlokasi. Selain itu, Sutrisno menyoroti rencana Pemprov Sumut untuk melakukan perampingan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) seiring dengan pemindahan ibu kota.





×

Baca juga: Habiskan Dana 161 Miliar Rupiah, Pasar Tradisional Bali Menjadi Destinasi Modern dengan Bangunan Megah Berisi 3 Lantai, Suguhkan Pemandangan Pusat Perbelanjaan Megah!

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr