sunbanner

Simak! Aceh Kini Punya Ibu Kota Terbaru dengan Wajah Baru, Detail Pemekaran Kabupaten yang Menakjubkan

Simak! Aceh Kini Punya Ibu Kota Terbaru dengan Wajah Baru, Detail Pemekaran Kabupaten yang Menakjubkan

Rencana Pembentukan 2 Wilayah Baru di Jawa Barat Menggegerkan! Lokasinya Berada Dekat Kabupaten Bandung, Apa yang Terjadi?-UNPLASH-

Simak! Aceh Kini Punya Ibu Kota Terbaru dengan Wajah Baru, Detail Pemekaran Kabupaten yang Menakjubkan

Aceh, sebuah wilayah administratif yang terletak di bagian utara Pulau Sumatera, memegang peranan penting sebagai salah satu provinsi terbesar dalam struktur pemerintahan Republik Indonesia.



Tak hanya itu, Pulau Sumatera yang luas ini juga menjadi tempat bagi sejumlah provinsi lain yang kokoh berdiri di tengah-tengahnya, menunjukkan keragaman dan kekayaan geografis negara ini.

Tepatnya, terdapat sembilan provinsi lain yang bersanding dengan Aceh, menjadikan Pulau Sumatera sebagai panggung bagi keragaman entitas pemerintahan di Indonesia.

Kesembilan provinsi tersebut adalah Bangka Belitung, Lampung, Jambi, Bengkulu, Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan Sumatera Selatan.





×

Dengan demikian, Pulau Sumatera tidak hanya menjadi simbol keberagaman budaya dan alam, tetapi juga menyuarakan kompleksitas administratif yang menjadi bagian integral dari negara ini.

Baca juga: Seindah Surga! Intip Daerah Penghasil Bawang Putih Terbanyak di Jawa Timur, Coba Tebak di Mana Lokasinya, Apakah Banyuwangi Masuk Daftar?

Baca juga: Cuma 313 Kelurahan, Banten Akhirnya Dimekarkan dan Punya Wilayah Baru di Tahun 2000, dengan Total Wilayah Seluas 266,77 km2

Baca juga: Garut Mengecil? Bupati Rudy Ungkap Rencana 15 Kecamatan Bakal Dikeluarkan dan Bentuk Kabupaten Garut Selatan!

Aceh, yang terkenal sebagai salah satu provinsi dengan jumlah penduduk yang cukup signifikan di Pulau Sumatera, memiliki populasi yang mencapai angka yang mengesankan.

Menurut data yang terhimpun oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2022, penduduk Provinsi Aceh telah mencapai sekitar 5,4 juta jiwa.

cek pada halaman berikutnya,

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr