sunbanner

Kota Seluas 373,80 Km2 di Jawa Tengah Digadang-gadang Jadi Ibu Kota Baru? Inilah Rahasia Daerah Megah di Jateng yang Terbentuk dari 3 Kabupatendan Pemekaran

Kota Seluas 373,80 Km2 di Jawa Tengah Digadang-gadang Jadi Ibu Kota Baru? Inilah Rahasia Daerah Megah di Jateng yang Terbentuk dari 3 Kabupatendan Pemekaran

Fakta atau Mitos Pemisahan 3 Kabupaten Jambi Ngotot Pengen Pemekaran Bentuk DOB, Apakah Ibu Kota Sumatera Tengah Bakal Pindah?-yulia-agnis/unplash-

Keunikan sejarah muncul saat kita melihat status Kota Semarang sebagai ibu kota provinsi. Sebelum Indonesia merdeka, pusat pemerintahan di wilayah Jawa Tengah terletak di Kabupaten Semarang.

Pada tahun 1945, saat Indonesia merdeka, pusat pemerintahan dipindahkan ke Kabupaten Purworejo karena Kabupaten Semarang masih berada di bawah kekuasaan penjajah.



Perpindahan ibu kota provinsi berlangsung dari tahun 1945 hingga 1949. Setelah situasi politik menjadi stabil, pada tahun 1950, ibu kota dipindahkan kembali ke Kabupaten Semarang.

Pada waktu itu, Kabupaten Semarang sudah menjadi sebuah daerah yang beribukota di Kota Semarang.

Baca juga: Garut Mengecil? Bupati Rudy Ungkap Rencana 15 Kecamatan Bakal Dikeluarkan dan Bentuk Kabupaten Garut Selatan!





×

Baca juga: Horas! Medan Mulai Kalang-Kabut Usai 3 Wilayah ini Bakal Diusung Buat jadi Ibukota Baru Sumatera Utara, Tapanuli Tengah Dipilih Karena Punya

Baca juga: BACA Manhwa Eleceed chapter 280 Sub Indo Lanjutan komik Eleceed 280 Bahasa Indonesia

Menariknya, sejak tahun 1906, berdasarkan Staadbland S.O 120, Kota Semarang memiliki dua pemerintahan di kabupaten tersebut.

Kota Semarang, meskipun memiliki status sebagai ibu kota kabupaten, dipimpin oleh seorang walikota.

Pada tahun 1971, pemerintah kembali memindahkan ibu kota Kabupaten Semarang ke Ungaran, sementara Kota Semarang menjadi kota otonom yang berdiri sendiri.

lanjutan ada pada halaman berikutnya,

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr