Mengapa Ada Kampung Tanpa Genteng di Sleman, Jawa Tengah? Penyebab dan Alasan di Balik Keunikan Ini!

Mengapa Ada Kampung Tanpa Genteng di Sleman, Jawa Tengah? Penyebab dan Alasan di Balik Keunikan Ini!

Sleman--

Mengapa Ada Kampung Tanpa Genteng di Sleman, Jawa Tengah? Penyebab dan Alasan di Balik Keunikan Ini!

Apakah Anda pernah mendengar tentang kampung tanpa genteng di Sleman, Jawa Tengah? Mungkin terdengar aneh, tetapi kampung ini memang benar-benar ada.



Keputusan warga setempat untuk tidak membangun rumah dengan genteng sebagai atapnya memiliki alasan yang menarik dan mungkin akan membuat Anda merasa pilu. Berikut ulasan lengkapnya.

Genteng merupakan sebuah benda yang seringkali digunakan sebagai penutup atap rumah di Indonesia, terutama di daerah tropis yang seringkali dilanda hujan dan panas matahari.

Baca juga: Gemilang dan Glamor! Inilah 4 Mall Terbesar di Mojokerto yang Layak Dikunjungi, Nomor Satu Bahkan Punya Hotel Dalam Mall!





×

Baca juga: Wonosobo Makin Keren Banget Loh! Masuk Wilayah yang Diplesetkan, Yogyakarta dan Dieng Wonosobo Sayang Banget Gak Ikutan

Baca juga: MG 4 EV Mobil Lstrik Canggih Buatan Dalam Negeri, Harganya Tidak Sampai Rp500 Juta

Namun, di kampung tertentu di Sleman, Yogyakarta, genteng tidak digunakan sebagai penutup atap rumah.

Mengapa warga di kampung tersebut memutuskan untuk tidak menggunakan genteng sebagai penutup atap rumah mereka?

Alasannya cukup memilukan. Seperti yang dilansir dari kanal YouTube IW, genteng umumnya digunakan untuk menghalau sinar matahari dan air hujan masuk ke dalam rumah.

Namun, warga di kampung tersebut memilih untuk tidak menggunakan genteng karena terdapat aliran air yang mengalir di atas rumah mereka.

Genteng dapat membuat aliran air terhenti atau tertahan sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada rumah. Oleh karena itu, warga memutuskan untuk membangun rumah tanpa genteng.

Dampak dari keputusan ini adalah rumah-rumah di kampung tersebut memiliki tampilan yang sangat unik dan berbeda dari rumah-rumah di daerah lainnya.

Kampung tersebut bernama Desa Ngelepen dan terletak tidak jauh dari pusat kota Sleman, Yogyakarta.

Meskipun tidak menggunakan genteng, warga di kampung tersebut tetap memastikan bahwa rumah mereka tetap terlindungi dari sinar matahari dan hujan dengan cara yang berbeda dan khas.

Cek penyebab dan alasannya, ada pada halaman berikutnya,

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr