sunbanner

Mengapa Ada Kampung Tanpa Genteng di Sleman, Jawa Tengah? Penyebab dan Alasan di Balik Keunikan Ini!

Mengapa Ada Kampung Tanpa Genteng di Sleman, Jawa Tengah? Penyebab dan Alasan di Balik Keunikan Ini!

Sleman--

Bukan tanpa sebab, pasalnya keputusan warga di kampung tanpa genteng di Sleman, Yogyakarta, memiliki alasan yang sangat memilukan lantaran berkaca pada pengalaman.

Kampung ini dulunya sering dilanda bencana alam yang hebat dan memporak-porandakan rumah warga. Salah satu bencana alam yang dimaksud adalah gempa Yogyakarta pada tahun 2006.



Karena kampung ini rawan gempa, pemerintah setempat membangun rumah untuk warga berbentuk dome yang sangat tahan terhadap gempa dengan kekuatan besar.

Dengan bentuk kubahnya, rumah dome tersebut dapat menghindari genteng dan pilarnya berjatuhan apabila gempa kembali mengguncang.

Banyak orang yang menganggap kampung ini sebagai Kampung Teletubbies karena bentuk rumahnya yang unik. Selain itu, kampung tanpa genteng di Sleman ini juga dijadikan sebagai objek wisata yang menarik untuk dikunjungi.





×

Bentuk rumah dome di kampung tanpa genteng di Sleman ternyata memiliki beberapa keunggulan selain tahan gempa.

Salah satunya, rumah dome ini juga tahan terhadap angin dengan kekuatan mencapai 450 km per jam. Hal ini membuat warga di kampung tersebut merasa lebih aman dan nyaman tinggal di dalamnya.

Tak hanya itu, rumah dome juga terbukti tahan lama hingga 100 tahun, sehingga warga tak perlu khawatir merenovasinya dalam waktu dekat. Saat ini, terdapat sekitar 80 rumah dome di kampung tanpa genteng di Sleman, Yogyakarta.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 70 rumah dome digunakan sebagai tempat tinggal bagi keluarga korban gempa Yogyakarta.

Sisanya, yakni 10 rumah dome, dijadikan sebagai fasilitas umum dan homestay bagi wisatawan yang ingin menginap dan merasakan pengalaman unik tinggal di kampung tanpa genteng ini.

Kampung tanpa genteng di Sleman, Yogyakarta ini telah menjadi salah satu objek wisata yang populer. Banyak wisatawan yang datang untuk melihat keunikan bentuk rumah dome dan merasakan pengalaman unik tinggal di dalamnya.

Dengan adanya kampung ini, masyarakat di sekitar juga merasa lebih aman dan nyaman tinggal di rumah mereka.***

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr