Gwencanaeyeo? Sulut Akan Terbelah: Kecamatan Mungil Seluas 25,76 km2 Siap Jadi Ibu Kota Provinsi Baru Pemekaran Sulawesi, Indikasi 4 Kabupaten Ini Bakal Join

Gwencanaeyeo? Sulut Akan Terbelah: Kecamatan Mungil Seluas 25,76 km2 Siap Jadi Ibu Kota Provinsi Baru Pemekaran Sulawesi, Indikasi 4 Kabupaten Ini Bakal Join

Makin Sempit? Benarkah Kabupaten Baru Muncul di Konawe Sulawesi Tenggara? Punya Luas Tanah 705,7 Km2 Apa Rahasianya?-UNPLASH-

Menurut informasi yang beredar, kecamatan tersebut kemungkinan akan dimekarkan menjadi DOB setingkat kabupaten atau kota.

Langkah ini diambil untuk memenuhi persyaratan pembentukan provinsi baru, mengingat untuk membentuk DOB setingkat provinsi, minimal harus terdapat lima kabupaten atau kota yang bergabung.



Sayangnya, pada tahap ini, calon provinsi baru ini baru terdiri dari empat kabupaten atau kota, yakni Provinsi Kepulauan Nusa Utara dengan calon ibu kota yang dipilih berada di Tahuna, suatu kecamatan di Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Provinsi Kepulauan Nusa Utara ini diharapkan terbentuk dari Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kabupaten Kepulauan Siau, Kabupaten Tagulandang Biaro, dan Kabupaten Kepulauan Talaud.

Pihak yang terlibat dalam diskusi mengenai pemekaran wilayah ini menjelaskan bahwa langkah ini bertujuan untuk memperkuat wilayah perbatasan Republik Indonesia.





×

Baca juga: 5 Mie Ayam Paling Laris dan Lezat di Blora, Dari Kriyuk Bikin Nagih Hingga Mie Kenyal Porsi Melimpah, Pasti Bikin Lidah Bergoyang

Baca juga: Wow! Ternyata Ada 3 Pulau Terkecil dan Terluar dari Jawa Timur, Nomor Satu Cocok untuk Destinasi Liburan Eksotis

Keempat kabupaten tersebut terletak di wilayah perbatasan antara Indonesia dan Filipina, dengan kontur geografis berupa kepulauan.

Oleh karena itu, diperlukan upaya lebih lanjut dalam pembangunan infrastruktur guna mendukung pertumbuhan wilayah tersebut.

Pemekaran wilayah diharapkan dapat memudahkan akses ke pusat pemerintahan provinsi bagi keempat kabupaten tersebut, sehingga pembangunan di wilayah kepulauan dapat dioptimalkan.

Lanjutan,

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr