sunbanner

Di Balik Gosip Pemekaran Kalbar: Apakah Ibu Kota Akan Pindah? Apakah Akan Muncul Provinsi Baru hingga Daerah yang Bergeser? Simak Selengkapnya!

Di Balik Gosip Pemekaran Kalbar: Apakah Ibu Kota Akan Pindah? Apakah Akan Muncul Provinsi Baru hingga Daerah yang Bergeser? Simak Selengkapnya!

Jelajahi 6 Desa Terpencil di Kabupaten Lebak yang Lokasinya Terperosok Jauh, Cibeber Bukanlah Satu-satunya!-UNPLASH-

Ide pemekaran wilayah ini masih dalam tahap kajian oleh pihak-pihak terkait, sebagaimana diungkapkan oleh laman resmi Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat.

Menurut sumber tersebut, rencana pemekaran Kalbar melibatkan pembentukan tiga provinsi baru. Beberapa wilayah di Kalimantan Barat akan dipisahkan menjadi Provinsi Kalimantan Barat itu sendiri,



Provinsi Kapuas Raya, dan satu provinsi lainnya yang mencakup wilayah Ketapang dan Kayong Utara. Pemerintah Kabupaten Ketapang juga mengusulkan pembentukan tiga Daerah Otonom Baru (DOB), yaitu Kabupaten Jelai Kendawangan Raya, Kabupaten Matan Hulu, dan Kabupaten Hulu Aik.

Baca juga: Jejak Sejarah di Pantai Boom Tuban Ternyata Pernah Jadi Pelabuhan di Kerajaan Majapahit, Sekarang Menjadi Destinasi Wisata Keluarga, Cek Daftar Harga Tiketnya!

Baca juga: Besar dan Mewah Bak Istana! Temukan 5 Mall dan Pusat Belanja Terbaik di Nganjuk, Tempat Ideal untuk Belanja Bersama Keluarga





×

Baca juga: Daerah yang Menjadi Pusat Produksi Minyak Sawit! Inilah 5 Daerah Terkaya di Bengkulu, Nomor Satu Pasti Wilayah Ini

Di sisi lain, Provinsi Kapuas Raya akan mencakup lima kabupaten, antara lain:

  1. Kabupaten Kapuas Hulu
  2. Kabupaten Sintang
  3. Kabupaten Melawi
  4. Kabupaten Sekadau
  5. Kabupaten Sanggau

Sementara itu, calon ibu kota Provinsi Kapuas Raya diusulkan berlokasi di Kabupaten Sintang, yang memiliki nilai historis tinggi.

Demikianlah gambaran mengenai isu pemekaran wilayah Kalimantan Barat menjadi tiga provinsi. Perlu dicatat bahwa hingga saat ini, rencana pemekaran wilayah ini masih dalam fase wacana.***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr