sunbanner

Seruyan Jadi Calon Ibu Kota Provinsi di Balik Pecahnya Kalteng Imbas Pemekaran Kalimantan Tengah, Kenapa Sampai Terbelah?

Seruyan Jadi Calon Ibu Kota Provinsi di Balik Pecahnya Kalteng Imbas Pemekaran Kalimantan Tengah, Kenapa Sampai Terbelah?

Seruyan Jadi Calon Ibu Kota Provinsi di Balik Pecahnya Kalteng Imbas Pemekaran Kalimantan Tengah, Kenapa Sampai Terbelah?-reynardo-eteni/unplash-

Dalam konteks pemekaran Kalimantan Tengah, pemerintah tengah mengimplementasikan moratorium setelah pemekaran tiga wilayah di Papua pada tahun 2022.

Kalimantan Tengah menjadi fokus utama pemekaran setelah pernyataan Wakil Presiden Ma'ruf Amin pasca-Pengukuhan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah Provinsi Kalimantan Tengah pada 24 Oktober 2023.



Ma'ruf Amin menjelaskan bahwa ukuran wilayah Kalimantan Tengah yang sangat luas merupakan alasan utama untuk dilakukannya pemekaran.

Sebelumnya, wilayah Papua merupakan wilayah terluas di Indonesia, namun setelah pemekaran pada tahun 2022, Kalimantan Tengah menjadi provinsi terluas di negeri ini.

Baca juga: Wacana Pemekaran Aceh, Ternyata 6 Wilayah Sepakat Rencanakan Provinsi Baru dengan Pusat Pemerintahannya di Subulussalam, Ini Ulasan Lengkapnya!





×

Baca juga: Jejak Sejarah di Pantai Boom Tuban Ternyata Pernah Jadi Pelabuhan di Kerajaan Majapahit, Sekarang Menjadi Destinasi Wisata Keluarga, Cek Daftar Harga Tiketnya!

Wakil Presiden menyampaikan bahwa pemerintah saat ini tengah melakukan evaluasi sebelum memutuskan mengenai langkah pemekaran wilayah.

Keputusan tersebut melibatkan berbagai pertimbangan dan harus mendapatkan persetujuan dari pemerintah pusat.

Pengalaman sebelumnya menunjukkan bahwa beberapa wilayah yang telah dimekarkan tidak mampu memenuhi kebutuhannya sendiri, sehingga perkembangannya terhambat.***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr