sunbanner

Kota Baru di Jambi Hasil Pemekaran Kabupaten, Punya Luas 391,5 Km2 dan Dijuluki Sekepal Tanah dari Surga, Kok Bisa? Ada Apanya?

Kota Baru di Jambi Hasil Pemekaran Kabupaten, Punya Luas 391,5 Km2 dan Dijuluki Sekepal Tanah dari Surga, Kok Bisa? Ada Apanya?

Teluk Keramat Gak di Ajak? Penduduk Ramai di Kabupaten Sambas yang Huni 4 Kecamatan Ini, Tersembunyi di Balik Populasi Jumlah Warga yang Selalu MEMBELUDAK! Rumahmu Bukan?-Fritz_the_Cat/pixabay-

Dalam konteks statusnya sebagai kota, wilayah ini menjadi salah satu yang terpadat kedua setelah ibu kota provinsi.

Perlu diingat bahwa Provinsi Jambi terdiri dari 9 kabupaten dan 2 kota, di antaranya adalah ibu kota provinsi, Jambi, dan sebuah kota hasil pemekaran yang terkenal dengan julukan 'Sekepal Tanah dari Surga'.



Namun, kota mana sebenarnya yang dimaksud?

Kota baru yang baru saja dibentuk di Jambi adalah Kota Sungai Penuh.

Baca juga: Pengguna Suzuki Grand Vitara Tetap Nyaman Meski Hujan Deras Sekalipun, Berkat Fitur-Fitur Sebagai Berikut





×

Baca juga: NETA Beri Layanan Gratis Jasa & Spareparts Hingga 50.000 km atau 5 Tahun

Baca juga: Tidak Mau Bergabung Lagi, 8 Kecamatan di Kabupaten Pandeglang Berencana Bikin Kabupaten Baru, Begini Reaksi dan Pendapat Masyarakat Terkait Pemekaran Wilayah

Menurut informasi dari laman dprd-jambiprov.go.id, Kota Sungai Penuh terbentuk melalui pemekaran wilayah Kabupaten Kerinci sesuai dengan Undang-undang nomor 25 tahun 2008 tentang Pembentukan Kota Sungai Penuh.

Lebih dari separuh wilayah Kota Sungai Penuh merupakan bagian dari kawasan hutan lindung Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), sementara sisanya adalah pemukiman penduduk yang terdiri dari 8 kecamatan, 75 desa, dan 4 kelurahan.

Kota ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Kerinci di utara, timur, dan selatan, serta Sumatera Barat di barat, khususnya Kabupaten Pesisir Selatan.

lanjutan,

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr