sunbanner

27 Daerah di Jawa Barat ini Ternyata ada 3 yang Asal Namanya dari Singkatan, Dari Bandung yang Berhubungan dengan Gunung Tangkuban Perahu

27 Daerah di Jawa Barat ini Ternyata ada 3 yang Asal Namanya dari Singkatan, Dari Bandung yang Berhubungan dengan Gunung Tangkuban Perahu

desa-TeamFans_Taufan/pixabay-

1. Bekasi: Dibalik Sejarah Kerajaan Tarumanegara

Salah satu daerah yang menarik perhatian adalah Bekasi. Nama ini ternyata bukan sekadar nama biasa, melainkan singkatan dari kata 'bagasasi', yang merupakan nama sungai terkenal di daerah tersebut.



Menariknya, kata 'bagasasi' memiliki keterkaitan dengan 'candrabaga' yang terdapat dalam prasasti tugu pada masa Kerajaan Tarumanegara.

Bekasi, pada masa lalu, bahkan menjadi ibukota Kerajaan Tarumanegara, meliputi wilayah seperti Sunda Kelapa (Jakarta), Depok, Bogor, Cibinong, Pasir Awi (Jonggol), dan Purwalingga.

Tidak heran, mengingat sejarahnya yang kaya, Bekasi kini berkembang menjadi salah satu kota metropolitan di Indonesia, menjadi tempat tinggal bagi kaum urban dan sentra industri.





×

2. Bandung: Dari Bendungan Hingga Legenda Gunung Tangkuban Perahu

Bandung, daerah berikutnya yang menarik perhatian, memiliki kepanjangan dari kata 'bendung' atau 'bendungan'.

Nama ini terkait erat dengan legenda terbentuknya telaga akibat terbendungnya sungai Citarum oleh lava Gunung Tangkuban Perahu.

Legenda ini telah menjadi cerita populer di kalangan penduduk lokal.

Baca juga: 4 Pasar Unik di Sumatera Utara yang Paling Populer, Terkenal hingga ke Seluruh Indonesia dengan Keunikannya yang Bawa Berkah

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr