sunbanner

Bikin Greget! Banyuwangi Calon Ibu Kota Provinsi Baru, 6 Kabupaten di Jawa Timur ini Siap Bersatu?

Bikin Greget! Banyuwangi Calon Ibu Kota Provinsi Baru, 6 Kabupaten di Jawa Timur ini Siap Bersatu?

Sudut Tersembunyi Jombang: Terungkap! 4 Kabupaten yang Dekat dengan Kabupaten Jombang-unplash-

Bikin Greget! Banyuwangi Calon Ibu Kota Provinsi Baru, 6 Kabupaten di Jawa Timur ini Siap Bersatu?

Sebagai wilayah terbesar di Indonesia, perbincangan mengenai pemekaran Jawa Timur (Jatim) telah sering kali menjadi sorotan.



Dari segi administratif, Jawa Timur saat ini terdiri dari 38 daerah, terbagi menjadi 29 kabupaten dan 9 kota, jumlah yang paling banyak di seluruh Indonesia.

Salah satu wacana pemekaran yang mencuat ke permukaan adalah yang dikemukakan oleh mantan Bupati Jember, M.Z.A. Djalal.

Baca juga: 4 Pasar Unik di Sumatera Utara yang Paling Populer, Terkenal hingga ke Seluruh Indonesia dengan Keunikannya yang Bawa Berkah





×

Baca juga: IIMS 2024 Digelar Pasca Pemilu dan Jelang Lebaran

Baca juga: Seru-seruan dengan Plesetan Nama Kecamatan di Kabupaten Temanggung, Kocak Banget Bikin Ngakak Poll, Kalau Bansari Apa?

Pada tahun 2012, ketika masih menjabat sebagai Bupati Jember, Djalal mengajukan ide pembentukan Provinsi Jawa Timur bagian Timur.

Usulan tersebut dia sampaikan dalam sidang paripurna pengesahan empat Peraturan Daerah di Gedung DPRD Jember. Langkah ini diambil sebagai tanggapan terhadap wacana pembentukan "Kawasan Ekonomi Baru" di wilayah timur Jawa Timur.

Menurut Djalal, pembentukan provinsi baru dapat mempercepat proses pembangunan di kawasan tersebut.

Sebagai contoh, ia merujuk pada pemekaran Provinsi Jawa Barat yang melahirkan Provinsi Banten, di mana keduanya berhasil berkembang secara bersamaan.

Provinsi Jawa Timur bagian Timur yang diusulkan oleh Djalal mencakup daerah-daerah di Tapal Kuda. Menurut informasi dari Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur, daerah-daerah ini terletak di bagian timur Provinsi Jawa Timur, membentuk pola yang menyerupai tapal kuda jika dilihat dari peta.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr