sunbanner

Jawa Timur Menyempit, Rencana 6 Kabupaten Bersatu Jadi Provinsi, Banyuwangi Jadi Pusatnya dan Ibu Kota Baru

Jawa Timur Menyempit, Rencana 6 Kabupaten Bersatu Jadi Provinsi, Banyuwangi Jadi Pusatnya dan Ibu Kota Baru

Jawa Timur Menyempit, Rencana 6 Kabupaten Bersatu Jadi Provinsi, Banyuwangi Jadi Pusatnya dan Ibu Kota Baru-PEXEL-

Daerah yang diusulkan untuk bergabung membentuk provinsi baru setidaknya melibatkan Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, dan Banyuwangi.

Beberapa nama yang muncul untuk provinsi baru ini antara lain Provinsi Tawang Alun, Provinsi Blambangan, atau Provinsi Pendalungan. Sedangkan lokasi ibu kotanya, menurut Djalal, dapat dipilih di Banyuwangi atau Probolinggo.



Wacana ini mendapatkan beragam tanggapan dari berbagai pihak, termasuk dari Anggota Komisi Pembangunan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur pada saat itu, yakni Imam Ghozali Aro.

Ia mengungkapkan bahwa DPRD Jawa Timur sendiri telah berupaya menyertakan usulan pemekaran wilayah Jatim dalam Rancangan Tata Ruang dan Wilayah.

Baca juga: Apa Plesetan Nama Dari Jumo dan Tlogomulyo? Yuk Simpan 20 Nama yang Berasal dari Plesetan di Kecamatan Temanggung





×

Baca juga: Mantep dan Sedep! Inilah Nama Kecamatan di Temanggung yang Diplesetkan! KLEDUNG: Kerinduan yang Membendung

Namun, kendati usulan tersebut diajukan oleh 10 fraksi, belum ada kesepakatan yang tercapai, sehingga usulan tersebut terhenti di tengah jalan.

Bupati Banyuwangi pada periode tersebut, Abdullah Azwar Anas, juga ikut memberikan pandangannya terkait usulan tersebut.

Anas menolak wacana pemekaran dan lebih memilih untuk fokus pada pengelolaan potensi Kabupaten Banyuwangi.

Menurutnya, meskipun Jawa Timur memiliki jumlah penduduk yang besar, tetapi masih mampu memberikan pelayanan publik secara efektif.

Anas juga menegaskan pentingnya pertimbangan matang terkait pemekaran, mengingat adanya ikatan historis yang kuat di antara wilayah-wilayah tersebut.***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr