sunbanner

20.000 Meter Terbentang di Laut! Jembatan Terpanjang dan Termegah di NTB Telan Uang Rp 20 Trilliun, Bakal Geser Milik Jawa Timur?

20.000 Meter Terbentang di Laut! Jembatan Terpanjang dan Termegah di NTB Telan Uang Rp 20 Trilliun, Bakal Geser Milik Jawa Timur?

Warga Relakan Motor Terseret Laut, Jembatan di Maluku Telan ABD Rp 7,8 M Tak Kunjung Selesai Sejak 2013 Sampai 2024, Sampai Kapan Rampung?-PEXEL-

Sumber dari laman resmi ntbprov.go.id menyampaikan bahwa tahap awal perencanaan pembangunan jembatan ini telah mencapai studi kelayakan atau feasibility study sejak bulan April 2018.

Meskipun demikian, disayangkan bahwa megaproyek ini, yang menghubungkan dua pulau di NTB, tidak dapat terwujud sesuai dengan harapan awal.



Alasan utama dari pembatalan proyek ini adalah penurunan signifikan dalam sektor ekonomi daerah tersebut.

Penyebab utamanya adalah gempa bumi berkekuatan 7 SR pada tahun 2018 yang mengguncang NTB, terutama bagian Utara Pulau Lombok.

Kondisi ekonomi yang semakin memburuk diikuti oleh dampak pandemi pada tahun 2020, semakin mempersulit kemajuan perekonomian daerah tersebut.





×

Baca juga: Bandara Canggih Akan Dibangun di Atas Laut di Sumatera Utara! Wilayah yang Baru 19 Tahun Hasil Pemekaran dengan Luas 1.170 ha Dipilih Buat jadi

Baca juga: Bikin Greget! Banyuwangi Calon Ibu Kota Provinsi Baru, 6 Kabupaten di Jawa Timur ini Siap Bersatu?

Meskipun begitu, tidak tertutup kemungkinan bahwa rencana megaproyek ini akan terus dikejar di masa yang akan datang.

Sebagai bukti, US Trade and Development Agency (USTDA) menawarkan studi kelayakan secara gratis untuk pembangunan Jembatan Lombok Sumbawa, seperti yang diberitakan oleh prokopim.sumbawabaratkab.go.id pada 28 Juli 2023.

Meski ditawari dengan insentif yang menarik, Bupati Kabupaten Sumbawa Barat, H. W. Musyafirin, menyatakan bahwa dirinya akan mengkaji tawaran tersebut sebelum memberikan persetujuan.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr