sunbanner

5 Daerah Terkaya di Kalimantan Timur, Nomor Satu Terkenal dengan Rumah Bak Istana Kerajaan

5 Daerah Terkaya di Kalimantan Timur, Nomor Satu Terkenal dengan Rumah Bak Istana Kerajaan

Wisata Alam Kutai Timur --

 

Perekonomian Kaltim yang menunjang hampir 40 persen berada pada komoditas minyak dan gas. Selain itu, provinsi dengan pendapatan perkapita tertinggi untuk setiap daerahnya bisa dilihat dari kesejahteraan penduduknya dengan ekonomi daerahnya. 

Selain itu, sebagai wilayah dengan gerbang utama daerah bagian timur Indonesia tentu saja perekonomian Kaltim utamanya ada pada kayu dan hasil pertambangan. 

1. Kabupaten Kutai Timur 



Kabupaten ini menjadi terkaya di Kalimantan Timur dengan jumlah PDBR mencapai 450,27 juta rupiah pada tahun 2022. Potensi wilayah ini ada pada sektor perkebunan. 

2. Kota Bontang 

Kabupaten ini kedua menjadi yang terkaya dengan jumlah PDBR sebesar 344,56 juta rupiah. Potensi wilayahnya ada  pada gas bumi. 

3. Kabupaten Kutai Kartanegara 

Daerah terkaya selanjutnya ada pada daerah ini dengan pendapatan PDBR mencapai 325,67 juta rupiah pada tahun 2022. Potensi wilayah ini ada pada sektor pertambangan dan penggalian. 

4. Kabupaten Paser 





×

Kabupaten ini juga menjadi wilayah terkaya dengan sektor pertambangan batubara sebagai pusatnya. Nilai PDRB per kapita Kutai Kartanegara di tahun 2022 mencapai 272,09 juta rupiah. 

5. Kabupaten Kutai Barat 

Kabupaten ini masuk dan menjadi salah satu kabupaten dengan nilai PDBR yang tinggi yakni sekitar 246,65 juta rupiah pada tahun 2022 dan potensi wilayah ada pada perkebunan, wisata, kehutanan dan masih banyak lagi. 

***

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr