sunbanner

Jawa Barat Antusias Dukung Pembentukan Kabupaten Subang Utara dan 8 Daerah Lainnya, Bandung Segera Digantikan dengan Cianjur Sebagai Ibukota

Jawa Barat Antusias Dukung Pembentukan Kabupaten Subang Utara dan 8 Daerah Lainnya, Bandung Segera Digantikan dengan Cianjur Sebagai Ibukota

desa-Syahdannugraha/pixabay-

Keputusan tersebut didasarkan pada persetujuan dari berbagai pihak, termasuk tokoh-tokoh dari forum koordinasi pemekaran pantura Subang.

Namun, Kabupaten Subang Utara bukan satu-satunya yang diusulkan.



Pemprov Jawa Barat juga telah mengajukan delapan CDPOB lainnya, seperti Tasikmalaya Selatan, Cianjur Selatan, Garut Utara, Sukabumi Utara, Garut Selatan, Bogor Barat, Bogor Timur, dan Indramayu Barat.

Meskipun usulan-usulan tersebut telah diajukan, pemerintah masih menjalankan moratorium pemekaran wilayah sejak tahun 2014.

Jika moratorium tersebut dicabut, kesembilan kabupaten/kota yang diajukan berpotensi menjadi daerah persiapan otonomi baru, membawa dampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat Jawa Barat secara merata.





×

DPRD Jawa Barat juga ikut andil dalam mendorong pemerintah pusat untuk segera mencabut moratorium ini.

Dengan harapan sembilan daerah otonomi di Jabar dapat segera dibahas di Komisi II DPR RI dan Ditjen Otonomi Daerah Kemendagri.

Baca juga: Ayo Simak! Rencana Pemindahan Ibu Kota Sumatera Barat ke Kota Seluas 694,337 Km2 Terbesar se Provinsi! Kapan Jadwal Resminya Terungkap?

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr