Menarik! Pemekaran Lombok Barat Imbas Desakan Warga yang Kekeh Minta Dikembangkan, Jadi Hasilkan Daerah Ini

Menarik! Pemekaran Lombok Barat Imbas Desakan Warga yang Kekeh Minta Dikembangkan, Jadi Hasilkan Daerah Ini

Menarik! Pemekaran Lombok Barat Imbas Desakan Warga yang Kekeh Minta Dikembangkan, Jadi Hasilkan Daerah Ini-sny/otomotif1.com-Foto: Dok. PT Astra Daihatsu Motor (ADM)

Menarik! Pemekaran Lombok Barat Imbas Desakan Warga yang Kekeh Minta Dikembangkan, Jadi Hasilkan Daerah Ini

Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan yang terdiri dari tak kurang dari 17 ribu pulau, mulai dari yang terkecil hingga yang terbesar.



Salah satu pulau yang terkenal akan keindahan wisata alamnya adalah pulau Lombok, yang tidak kalah menarik dibandingkan dengan Bali.

Baca juga: Ayo Simak! Rencana Pemindahan Ibu Kota Sumatera Barat ke Kota Seluas 694,337 Km2 Terbesar se Provinsi! Kapan Jadwal Resminya Terungkap?

Penting untuk diketahui bahwa pulau Lombok merupakan bagian dari Provinsi Nusa Tenggara Barat yang terdiri dari 4 kabupaten dan 1 kota madya.





×

Salah satu dari kabupaten tersebut adalah Kabupaten Lombok Utara, yang merupakan hasil pemekaran wilayah dari Kabupaten Lombok Barat.

Baca juga: Banten Rela Pecah Demi Buat Ibukota Baru! Hah Kok Bisa? Inilah Daerah dengan Luas 1.734 Km2 yang Bakal Gantikan Provinsi Usai 7 Tahun Berdiri

Baca juga: Surabaya Gulung Tikar! Kediri Kini Bersiap jadi Megapolitan Baru Usai Dijadikan Ibu Kota Provinsi ke 13: Sayang Harus Pusah dari Jatim Pindah ke Riau, Kenapa?

Baca juga: Provinsi Baru Akan Segera Dibentuk di Jawa Timur! 6 Kabupaten ini Bakal Ditumbalkan Sehingga Membuat Jember dan Lumajang Terpecah Belah

Awalnya, masyarakat bagian utara Kabupaten Lombok Barat menyuarakan keinginan untuk pemekaran wilayah ini.

Hal ini disebabkan oleh keinginan untuk percepatan pembangunan dan optimalisasi pelayanan masyarakat, karena pada waktu itu, warga merasa jarak tempuh yang harus ditempuh untuk mengakses pembangunan dan pelayanan terlalu jauh jika harus menuju pusat pemerintahan kabupaten.

Oleh karena itu, masyarakat mengusulkan pembentukan Kabupaten Lombok Utara.

Usulan ini mendapat tanggapan positif dari pejabat setempat, namun proses pembentukan kabupaten baru memakan waktu sekitar 3 tahun.

Lanjutan,

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr