Dari Desakan Warga Hingga Realisasi: Kabupaten Baru di Lombok Barat Hasil Pemekaran, Apa Saja yang Menanti Kita?

Dari Desakan Warga Hingga Realisasi: Kabupaten Baru di Lombok Barat Hasil Pemekaran, Apa Saja yang Menanti Kita?

Dari Desakan Warga Hingga Realisasi: Kabupaten Baru di Lombok Barat Hasil Pemekaran, Apa Saja yang Menanti Kita?--

Dari Desakan Warga Hingga Realisasi: Kabupaten Baru di Lombok Barat Hasil Pemekaran, Apa Saja yang Menanti Kita?

Indonesia, sebagai negara yang terbentang di antara garis lintang dan bujur tertentu, membanggakan dirinya sebagai negara kepulauan yang memperlihatkan keberagaman geografis dengan jumlah pulau mencapai tak kurang dari 17 ribu, meliputi pulau-pulau dari yang terkecil hingga yang terbesar.



Diantara gemerlap pulau-pulau yang mempesona, terdapat sebuah surga alam yang menjadi daya tarik wisatawan, yaitu pulau Lombok. Keindahan alamnya tidak kalah menakjubkan bila dibandingkan dengan kepopuleran Bali, tempat wisata terkenal di Indonesia.

Perlu ditekankan bahwa pulau Lombok bukanlah entitas terpisah, melainkan merupakan bagian yang tak terpisahkan dari Provinsi Nusa Tenggara Barat, sebuah provinsi yang terdiri dari 4 kabupaten dan 1 kota madya. Dalam konteks ini, Kabupaten Lombok Utara menonjol sebagai salah satu bagian penting dari struktur administratif provinsi ini, terbentuk melalui pemekaran wilayah dari Kabupaten Lombok Barat.

Baca juga: Banten Rela Pecah Demi Buat Ibukota Baru! Hah Kok Bisa? Inilah Daerah dengan Luas 1.734 Km2 yang Bakal Gantikan Provinsi Usai 7 Tahun Berdiri





×

Baca juga: Surabaya Gulung Tikar! Kediri Kini Bersiap jadi Megapolitan Baru Usai Dijadikan Ibu Kota Provinsi ke 13: Sayang Harus Pusah dari Jatim Pindah ke Riau, Kenapa?

Baca juga: Provinsi Baru Akan Segera Dibentuk di Jawa Timur! 6 Kabupaten ini Bakal Ditumbalkan Sehingga Membuat Jember dan Lumajang Terpecah Belah

Awalnya, masyarakat bagian utara Kabupaten Lombok Barat menyuarakan keinginan untuk pemekaran wilayah ini.

Hal ini disebabkan oleh keinginan untuk percepatan pembangunan dan optimalisasi pelayanan masyarakat, karena pada waktu itu, warga merasa jarak tempuh yang harus ditempuh untuk mengakses pembangunan dan pelayanan terlalu jauh jika harus menuju pusat pemerintahan kabupaten.

Oleh karena itu, masyarakat mengusulkan pembentukan Kabupaten Lombok Utara.

Usulan ini mendapat tanggapan positif dari pejabat setempat, namun proses pembentukan kabupaten baru memakan waktu sekitar 3 tahun.

Lanjutan,

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr