sunbanner

Asal Usul Nama Bantul Ternyata Bukan Sembarangan! Kisah Dibaliknya Tersimpan Rahasia Besar, Apa Itu? Simak Kisahnya

Asal Usul Nama Bantul Ternyata Bukan Sembarangan! Kisah Dibaliknya Tersimpan Rahasia Besar, Apa Itu? Simak Kisahnya

daerah-erick-sheel/pexels-

Fakta menarik dan julukan Kota Bantul 

Setelah berhasil meredam perlawanan Diponegoro, pemerintah Hindia Belanda membentuk sebuah komisi khusus untuk mengatur wilayah Vorstenlanden, yang mencakup daerah-daerah yang berada di bawah pemerintahan empat kerajaan, yakni Surakarta, Yogyakarta, Mangkunegaran, dan Pakualaman.

Pada tanggal 26 dan 31 Maret 1831, pemerintah Hindia Belanda dan Kasultanan Yogyakarta akhirnya menandatangani sebuah kontrak kerjasama yang mengatur pembagian wilayah.



Dalam kesepakatan ini, Kasultanan Yogyakarta dibagi menjadi tiga kabupaten, yaitu Bantulkarang, Denggung, dan Kalasan.

Baca juga: Lakukan Uji Coba! Nonton Drama China My Precious Episode 38 39 SUB Indo - Link Streaming, Spil Sinopsis Serta Jadwal Tayang!

Baca juga: Terpisah 97 Km! Madura Dikabarkan Bakal Buat Provinsi Baru Keluar dari Jawa Timur, Ibukotanya Mana? Cek Informasi Selengkapnya





×

Pada tanggal 20 Juli 1831, secara resmi terbentuk Kabupaten Bantul yang sebelumnya dikenal sebagai Bantulkarang.

Raden Tumenggung Mangun Negoro, seorang prajurit Kasultanan Yogyakarta, diangkat menjadi bupati Bantul pertama.

Kisah dan legenda ini menjadikan Bantul sebagai salah satu kabupaten yang sarat akan makna dan nilai-nilai budaya Jawa. Berbagai julukan seperti "Kota Geplek," "Kota Gerabah," dan "Sahara Van Java" mencerminkan kekayaan budaya dan keindahan alam yang dimiliki oleh Kabupaten Bantul.

Sebuah wilayah yang tak hanya mengabdi kepada sejarah, namun juga tetap berperan dalam kekayaan budaya dan alam Nusantara.***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr