sunbanner

Dimana Letak Desa Wisata Terindah di Indonesia yang Ada di Mojokerto? Kini Viral Usai Disebut Gibran Dalam Debat Cawapres 2024

Dimana Letak Desa Wisata Terindah di Indonesia yang Ada di Mojokerto? Kini Viral Usai Disebut Gibran Dalam Debat Cawapres 2024

desa-Aridhani/pixabay-

Kepala Desa Ketapanrame, Zainul Arifin, menjelaskan bahwa pembangunan pariwisata di desa ini dimulai sejak 2017.

Saat ini, BUMDes Mutiara Welirang mengelola berbagai objek wisata di desa, termasuk Air Terjun Dlundung, Sumber Gempong, kebun kopi, dan wisata petualangan jelajah hutan.



Objek wisata buatan seperti Taman Ghanjaran dan Taman Kelinci, wisata budaya seperti Tari Mayang Rontek dan Bedoyo Putri Mojosakti, serta kesenian tradisional lainnya, telah membuat Desa Ketapanrame menjadi magnet bagi wisatawan.

Bahkan, destinasi wisata edukasi seperti tanam padi di Sumber Gempong, wisata petik Jeruk Nagami, dan wisata petik Kopi Banggoel juga menjadi daya tarik tersendiri.

Keberagaman destinasi wisata ini membawa Desa Ketapanrame meraih gelar Desa Wisata Terbaik dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 yang diselenggarakan oleh Kemenparekraf.





×

Pendapatan desa dari sektor pariwisata mencapai Rp 3,5 miliar pada tahun 2022.

Zainul Arifin mengungkapkan bahwa 20 persen dari laba bersih BUMDes Mutiara Welirang masuk Pendapatan Asli Desa (PADes) Ketapanrame.

Baca juga: Mall terbesar di Surakarta dengan Nilai Rp500 Miliar Akan Selesai pada 2025, Jadi Pertama di Jawa Tengah Buat Semarang Gigit Jari?

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr