sunbanner

Pemekaran Jawa Timur Menjadi 3 Provinsi Baru, Apa Saja? Cek Informasinya di Sini

Pemekaran Jawa Timur Menjadi 3 Provinsi Baru, Apa Saja? Cek Informasinya di Sini

Pamekasan--

Pemekaran Jawa Timur Menjadi 3 Provinsi Baru, Apa Saja? Cek Informasinya di Sini

Sebuah video berisi tabel nama-nama provinsi baru beserta daftar kota dan kabupaten terkait telah beredar dan menjadi perbincangan hangat di masyarakat.



Provinsi pertama yang disebutkan dalam video tersebut adalah Provinsi Mataraman atau Jatim Selatan, dengan Kota Kediri sebagai ibu kotanya.

Baca juga: Cimahi Bertransformasi Menjadi Kabupaten? Inilah 7 Wacana Kabupaten Baru di Jawa Barat yang Harus Anda Ketahui

Baca juga: Cuma Dihuni 18.837 Jiwa? Ternyata Kabupaten Pasuruan Jawa Timur Punya Kecamatan Sepi Penduduk, Berikut Daftar Rekapnya, Lumbang Masuk Standar?





×

Baca juga: Bandung Ketar-Ketir! Kota Kecil yang Berjarak 69 Km dari Banten Dicanangkan Sebagai Ibukota Baru Jawa Barat, Apakah Karena Fasilitas yang Kurang Optimal?

Provinsi Mataraman/Jatim Selatan akan mencakup sejumlah kota dan kabupaten, antara lain Kabupaten Kediri, Kota Kediri, Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Nganjuk, Kabupaten Madiun, Kota Madiun, Trenggalek, Tulungagung, Ponorogo, Magetan, Ngawi, dan Pacitan.

Selanjutnya, terdapat Provinsi Madura dengan ibu kota Kota Pamekasan. Provinsi Madura akan meliputi daerah Bangkalan, Sampang, Sumenep, dan Pamekasan.

Terakhir, terdapat Provinsi Blambangan dengan ibu kota Jember. Provinsi Blambangan akan mencakup Banyuwangi, Jember, Situbondo, Bondowoso, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, dan Lumajang.

Pemekaran ini menjadi langkah penting dalam pengembangan regional di Jawa Timur.

Dengan terbentuknya provinsi-provinsi baru, diharapkan pemerintahan dan pelayanan publik dapat lebih terfokus dan efisien dalam memenuhi kebutuhan masyarakat di wilayah tersebut.

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr